PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Asrori Mukhtarom, Asrori and Ety Kurniyati, Ety and Desri Arwen, Arwen PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 43 (1). pp. 1-20. ISSN 2502-3616

[thumbnail of 30] Archive
30

Download (32kB)

Abstract

Tulisan ini membahas bagaimana perspektif al-Qur’an tentang pendidikan kewarganegaraan. Dengan menggunakan metode tafsir maudhû‘î dan metode historis kritis kontekstual dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan adalah upaya membentuk warga negara yang baik. Menurut al-Qur’an, warga negara yang baik adalah warga yang memiliki hubungan harmonis dengan Tuhan yang diwujudkan dengan sikap takwa dan beriman, memiliki hubungan harmonis sesama manusia yang diwujudkan dengan sikap saling mengenal atau bersaudara dan melaksanakan amar ma‘rûf nahî munkar, serta memiliki hubungan harmonis dengan alam yang diwujudkan dengan penjagaan dan pelestarian lingkungan. Materi pendidikan kewarganegaraan yang diisyaratkan al-Qur’an meliputi hak asasi manusia, persaudaraan, persamaan dan keadilan, serta bela negara berlandaskan nilai-nilai tauhid yang bermuara pada satu tujuan yaitu ibadah kepada Allah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr User 01
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:52
Last Modified: 28 Aug 2023 06:52
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item
View Item