Mega Lestari Khoirunnisa, Mega and Lia Hikmatul Maula, Lia and Desri Arwen, Arwen (2018) HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI 1 TANGERANG. Jurnal JKFT, 3 (2). pp. 59-69. ISSN 2580-2917
1286
Download (118kB)
Abstract
Masa remaja merupakan fenomena fisik yang berhubungan dengan pubertas, dimana remaja mengalami perubahan salah satunya perubahan psikologis. Psikososial masa remaja menengah memiliki tiga fungsi dalam pergaulannya yaitu keluarga, kelompok sebaya dan sekolah. Salah satu stressor yang mengancam remaja akibat dari pengucilan oleh teman sebaya yaitu tindakan bullying. Kejadian bullying mengalami peningkatan setiap tahunnya, dimana kejadian bullying sering terjadi di lingkungan sekolah. Bullying akan berakibat pada munculnya masalah psikologis remaja seperti kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tindakan bullying dengan tingkat kecemasan pada korban bullying kelas X Kejuruan Sekolah Multimedia dan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 1 Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuisioner bullying yang telah dimodifikasi oleh peneliti dan kuisioner HARS untuk pernyataan kecemasan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 155 responden. Tehnik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi. Selanjutnya data dianalisis dengan uji Chi Square didalam SPSS Statistic17 for windows. Jumlah responden terbanyak dengan kejuruan sekolah Multimedia (64%), responden terbanyak berjenis kelamin perempuan (53%), usia responden terbanyak berusia 16 tahun (61%) dari usia 15-18 tahun. Korban bullying rata-rata mengalami bentuk bullying mental (55%) yang terjadi pada korban berjenis kelamin perempuan. Sebagian besar korban bullying mengalami kecemasan (61%) dengan kebanyakan korban mengalami tingkat kecemasan ringan (34%). Didapatkan hasil yang positif bahwa terdapat hubungan tindakan bullying dengan tingkat kecemasan pada korban bullying dengan p.value (0,033) < Alpha (0,05). Diharapkan perawat mampu memberikan intervensi keperawatan untuk mengatasi kecemasan dengan dukungan emosional dan dukungan kelompok di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > D.IV Bidan Pendidik dan Profesi Ners |
Depositing User: | mr User 01 |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:53 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:53 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/334 |