METODOLOGI RISET KRITIK JURNAL ILMIAH

Desri Arwen, Arwen (2021) METODOLOGI RISET KRITIK JURNAL ILMIAH. In: METODOLOGI RISET KRITIK JURNAL ILMIAH. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten, pp. 1-212. ISBN 978-623-6356-73-9

[thumbnail of BUKU Metodelogi PAK ARWEN .pdf] Text
BUKU Metodelogi PAK ARWEN .pdf - Other

Download (723kB)

Abstract

Penelitian hakikatnya merupakan operasionalisasi
metode ilmiah dalam kegiatan keilmuan atau bisa dikatakan
bahwa penelitian pada dasarnya adalah suatu proses
sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan
dengan menerapkan metode ilmiah. Penelitian dapat
dipahami sebagai suatu dialog atau percakapan yang
terjadi tanpa henti antara dua jenis kenyataan yaitu antara
realitas argumentasi dan realitas pengalaman. Metode
penelitian selalu berkembang sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan, penelitian pendidikan
merupakan penelitian yang dikhususkan meneliti bidang
pendidikan berbeda dengan penelitian ilmu eksakta lainnya,
mengapa, karena penelitian pendidikan bisa di lihat dari
penerapan melalui kritik jurnal ilmiah bereputasi, dalam
buku ini penulis mencoba menguraikan penelitian yang
berhubungan dengan penelitian kualitatif, conten analysis,
metode kuantitatif, metode gabungan,
Metodologi penelitian selalu berkembang baik
penelitian dalam bidang Sosial, Sains, Budaya dan Agama.
Untuk perlu adanya kajian mendalam dalam suatu
metodologi penelitian tujuannya adalah untuk
membandingkan riset terdahulu untuk dikembangkan
sesuai perkembangan metodologi mutakhir riset penelitian.
Dari beberapa analisis hasil riset jurnal bereputasi dari
beberapa peneliti kelas dunia, membantu peneliti
mengembangkan metodologi riset lebih berkelas dan
menjadi rujukan selanjutnya.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr User 01
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:11
Last Modified: 06 Sep 2023 08:11
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item
View Item