PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SAMSATCILEDUG_ SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK OLEH PUBLIC RELATIONS SAMSAT CILEDUG

ARISKA LESTARI, ARISKA (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SAMSATCILEDUG_ SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK OLEH PUBLIC RELATIONS SAMSAT CILEDUG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM.pdf] Text
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of BAB I-BAB5.pdf] Text
BAB I-BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Instagram sebagai platform media sosial yang populer di kalangan masyarakat memiliki potensi besar dalam menyebarluaskan informasi dan berinteraksi
langsung dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial Instagram @samsatciledug_ dalam upaya peningkatan pelayanan
publik oleh Cyber Public Relations Samsat Ciledug. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menggambarkan fenomena yang terjadi berdasarkan
hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi komunikasi yang diterapkan oleh public relations Samsat Ciledug, jenis konten yang dibagikan, tingkat respons dan
interaksi publik terhadap konten yang diunggah, juga hambatan atau kendala yang dihadapi oleh public relations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
Instagram @samsatciledug_ secara efektif telah meningkatkan visibilitas layanan, mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi, dan mempercepat respon
terhadap pertanyaan dan keluhan masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk strategi komunikasi yang lebih terintegrasi dan inovatif guna lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui media sosial oleh cyber
public relations. Dalam hal ini peneliti mencoba untuk mengaitkan fenomena yang ada di Samsat Ciledug dengan teori Mulyadi et al Cyber Public Relations. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengimplementasian cyber public relationsmemiliki beberapa langkah, yaitu : Pencarian fakta, Perencanaan, Komunikasi, dan Evaluation.

Kata Kunci : cyber public relations, instagram, media sosial, pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Mirza Shahreza, Mirza
NIDN0429077605
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tanti Kurnia perpusfisip
Date Deposited: 22 May 2025 04:35
Last Modified: 22 May 2025 04:35
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item
View Item