KHOIRIYAH, HANIFAH (2023) PENERAPAN METODE MAISURO DALAM BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS XI DI SMA ISLAMIC CENTRE KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
![[thumbnail of COVER_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (126kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (120kB)
![[thumbnail of ABSTRAK_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (151kB)
![[thumbnail of BAB I _HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I _HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (643kB)
![[thumbnail of BAB II _HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB II _HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (544kB)
![[thumbnail of BAB IV_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (149kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA_HANIFAH KHOIRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (201kB)
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin maju perkembangan IPTEK yang semakin berkembang membuat anak-anak enggan untuk mempelajari Al-Qur’an, sedangkan mempelajari Al-Qur’an merupakan suatu keharusan bagi setiap muslim. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan berkembang membuat anak-anak bahkan orang dewasa sudah merasa hebat dengan ilmu yang didapatnya yang hanya melalui handphone atau gadget. Sedangkan gadget banyak sekali mudharatnya bagi anak-anak bahkan untuk orang dewasa yang salah untuk di gunakan, sehingga membuat orang-orang untuk enggan mempelajari Al-Qur’an dan akhirnya banyak orang-orang yang tertinggal dengan keislamannya sendiri. Karena Al-Qur’an sumber utama yang telah Nabi Muhammad SAW ajarkan untuk umatnya menuju kesempurnaan beragama. Al Qur’an sendiri merupakan salah satu sebagai dasar keimanan kita sebagai muslim, maka didiklah anak-anak kita melalui Al-Qur’an sebab Al-Qur’anlah satu-satunya yang akan memberikan syafa’at kepada yang membacanya. Maka memperbaiki bacaan Al-Qur’an merupakan keharusan. Memperbaiki bacaan Al-Qur’an bukan dengan suara yang indah, bukan juga dengan mengiramakan suatu bacaan, tetapi dengan mempelajari makhorijul huruf dan tajwid serta mengetahui sifat-sifat huruf maka itu bisa disebut dengan membaguskan bacaan Al-Qur’an. Maka ketika mempelajari itu semua harus dengan metode, metode apapun itu bagus untuk mempelajari Al-Qur’an sesuai dengan ilmu yang dikuasainya, salah satunya adalah metode maisuro yang merupakan terobosan baru dalam bidang ilmu Al Qur’an. Metode ini sangat cocok untuk digunakan kepada kalangan remaja. Kebanyakan peneliti sejarah yang bercerita tentang masalah ini berdasarkan riwayat dari zaman dahulu Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, setingan penelitian dilakukan di SMA Islamic Centre Kota Tangerang. Adapun subjek penelitiannya adalah guru yang mengajar dan informasinya adalah
guru dan SMA Islamic Centre Kota Tangerang. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Untuk menganalisis menggunakan teori analisis interaktif yang meliputi dreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Inilah yang membedakan anatra metode Maisuro dengan metode lainnya dalam bimbingan membaca Al-Qur’an di SMA Islamic Center Tangerang. Kesimpulan yang diperoleh tentang penerapan metode maisuro dalam bimbingan membaca Al-Qur’an di SMA Islamic Centre Kota Tangerang bisa dikategorikan baik. Karena hasil rata-rata mengenai tanggapan siswa terhadap penerapan metode maisuro sebagian besar dan hampir seluruh siswa menganggap bahwa metode ini sangat mudah untuk dipahami dalam mempalajari ilmu tentang bacaan Al-Qur’an. 1. Inilah yang membedakan anatra metode Maisuro dengan metode lainnya khususnya dalam bimbingan membaca Al Qur’an.
Kata Kunci : Penerapan, Metode Maisuro, Membaca Al-Quran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author KHOIRIYAH, HANIFAH UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Metode Maisuro; Membaca Al-Quran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 24 May 2025 03:55 |
Last Modified: | 24 May 2025 03:55 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1149 |