Nugroho, Rudi (2023) STRATEGI PERAWATAN MENGGUNAKAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA ALAT AIRCRAFT WASHING TRUCK DI PT GMF AeroAsia Tbk. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
1. Cover_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (39kB)
2. Lembar pengesahan_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (123kB)
3. Abstract_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10kB)
4. Bab I_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (260kB) | Request a copy
5. Bab II_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (613kB) | Request a copy
6. Bab III_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (19kB) | Request a copy
7. Bab IV_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (711kB) | Request a copy
8. Bab V_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10kB) | Request a copy
9. Daftar Pustaka_Rudi Nugroho.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (80kB)
Abstract
Dalam proses perawatan pesawat udara yang dilakukan di darat dibutukan peralatan
peralatan pendukung yang handal dan serviceability yang tinggi, salah satu
peralatan tersebut adalah Aircraft Washing Truck (AWT), dengan nilai downtime
AWT yang tinggi dibandingkan alat pendukung sejenis maka penelitian ini
bertujuan untuk menurunkan nilai downtime yang diharapkan dapat meningkatkan
ketersediaan alat AWT untuk mendukung kegiatan perawatan pesawat di PT GMF
AeroAsia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Failure Mode Efect
and Analisys (FMEA) untuk mengetahui potensi kegagalan dan Realibility Centered
Maintenance (RCM) untuk langkah penyelesaiannya. Dari hasil penelitian yang
dilakukan diketahui temuan kerusakan tertinggi pada sistem utama AWT yaitu pada
sistem clutch dengan downtime sebesar 337 jam, sistem clutch terdiri dari 3
subsistem yaitu clutch, hidrolik sistem dan mekanikal sistem, Adapun 5 komponen
kritis dengan nilai RPN tertinggi pada sistem clutch AWT yaitu facing diskclutch,
housing cylinder upper master, seal upper master, seal hidrolik booster clutch dan
seal booster clutch dan komponen yang termasuk dalam kategori kegagalan atau
kerusakan yang tersembunyi yaitu Facing diskclutch, Housing upper master, dan
Seal booster pada booster clutch.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Hidayat, Dian Friana 0413118702 dianfriana@gmail.com |
Additional Information: | Silahkan hubungi admin Perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | RCM, FMEA, 5W+1H, Groud Support Equipment, Aircraft Washing Truck. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas teknik > Industri |
Depositing User: | Ms Eca Luciana |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 14:38 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 14:38 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/363 |