SANJAYA, RIZKIAH DWITA SANJAYA (2023) PENERAPAN METODE AZKA DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN UNTUK ANAK DI tvMu JAKARTA PUSAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (240kB)
LEMBAR PENGESAHAN_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (241kB)
ABSTRAK_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (286kB)
BAB I_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (512kB)
BAB II_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (560kB)
BAB III_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (322kB)
BAB IV_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (382kB)
BAB V_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (291kB)
DAFTAR PUSTAKA_RIZKIAH DWITA SANJAYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (287kB)
Abstract
Bahasa Al-Quran Adalah Bahasa Arab dimana Ajaran-ajaran Al-Quran begitu luas dan dalam. Adapun langkah-langkah agar lancar membaca Al-Qur’an yaitu, mengenal bentuk huruf hijaiyah, mengetahui mushaf Al-Qur’an, menguasai kaidah dan hukum bacaan juga Mengenal Tahsin serta mengenal istilah asing. Dalam masyarakat masih terkendala dalam membacanya, apalagi konsentrasi yaitu cara membaca yang harus dilancarkan terlebih dahulu, inilah yang menjadi masalah besar umat Islam sekarang ini yaitu masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Azka dalam pembelajaran tahsin untuk anak di tvMu Jakarta Pusat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah penerapan Metode Azka, Faktor-Faktor yang dapat mendorong keberhasilan Tahsin Al-Qur’an di tvMu dan Kendala kendala yang di hadapi dalam pembelajaran tahsin Al-Qur’an untuk anak Menggunakan Metode Azka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Data.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Metode Azka Berawal dari sebuah buku Panduan Tahsin Qira’ah Metode Azka, yang di aplikasikan di tvMu dalam bentuk penayangan melalui televisi. Sumber Daya Manusia yang Kompeten dalam bidangnya. Kendala pada penerapan pada Metode Azka adalah Media Pembelajaran yang kurang memadai untuk berkomunikasi kepada anak-anak juga masyarakat. Kelebihan Metode Azka adalah Metode belajar tahsin qiraah yang mudah dipahami dan efektif. Bisa diterapkan ke segala usia. Mencakup pembelajaran makhrajul huruf, sifat huruf dan hukum tajwid secara Jelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author SANJAYA, RIZKIAH DWITA 1988204038 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Metode Azka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 05:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 05:11 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/469 |