SUWANDI, NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER_NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI SUWANDI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (271kB)
LEMBAR PENGESAHAN_NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI SUWANDI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (274kB)
ABSTRAK_NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI SUWANDI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (144kB)
BAB I-V_NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI SUWANDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (859kB)
DAFTAR PUSTAKA_NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI SUWANDI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (332kB)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan beberapa negara lain berdampak
pada semua sektor termasuk sektor pendidikan. Pemerintah terpaksa mengeluarkan
kebijakan belajar dari rumah secara daring dengan menggunakan beberapa apliksi
pendukung belajar seperti Google Classroom, WhatsApp Group, dan Zoom untuk
memutus mata rantai penularan virus Covid-19 yang saat ini sudah berjalan kurang lebih
2 tahun lamanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media
daring di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui
masalah-masalah apasaja yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran menggunakan
media daring, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media daring
ini dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 7 Kabupaten Tangerang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan
data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang peneliti gunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media daring
pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kurang efektif. Untuk meningkatkan efektivitas
penggunaan media daring pada mata pelajaran bahasa Arab, diharapkan pihak sekolah,
guru, dan orangtua siswa dapat bekerjasama dalam mengawasi dan membimbing proses
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author SUWANDI, NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI 1788204019 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper. |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Pembelajaran Daring; Pelajaran Bahasa Arab. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:24 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/486 |