IMPLEMENTASI METODE AL-HIWAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS HUDATUL UMAM PASIR AWI TANGERANG

MUJAYANAH, MUJAYANAH (2022) IMPLEMENTASI METODE AL-HIWAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS HUDATUL UMAM PASIR AWI TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER_MUJAYANAH.pdf] Text
COVER_MUJAYANAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_MUJAYANAH.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_MUJAYANAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)
[thumbnail of ABSTRAK_MUJAYANAH.pdf] Text
ABSTRAK_MUJAYANAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB)
[thumbnail of BAB I-V_MUJAYANAH.pdf] Text
BAB I-V_MUJAYANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_MUJAYANAH.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_MUJAYANAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bagian dari islam, Mempelajari Bahasa Arab sangat penting, terlebih sebagai umat muslim, karena kitab suci al-Quran diturunkan dengan menggunakan bahasa arab.akan tetapi masih banyak di temukan siswa yang belum mampu menggunakan dan memahami bahasa arab dengan baik,. Salah satu model aktif dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab adalah metode “Al Hiwar”. Metode “Al Hiwar” Menurut bahasa adalah percakapan, dialog atau berbicara. Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui implementasi metode hiwar dalam pembelajaran bahasa Arab dan kendala yang dihadapi serta faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode ini khususnya dalam proses pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Hudatul Umam Pasir Awi Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif yakni melalui metode kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian uji keabsahan data penelitian ini dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Hudatul Umam Pasir Awi Tangerang . dilakukan dengan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun dalam penerapan metode al hiwar dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah metode tersebut, namun dalam penerapannya juga terdapat beberapa faktor yang menghambat yaitu mufradat, kepercayaan diri siswa dan terdapat beberapa siswa yang belum mampu membaca huruf arab. Adapun faktor yang mendukung penerapan metode al hiwar adalah minat peserta didik, buku ajar, dan pendidik yang kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
MUJAYANAH, MUJAYANAH
1888204030
UNSPECIFIED
Additional Information: Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper.
Uncontrolled Keywords: Metode Al Hiwar; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:03
Last Modified: 30 Oct 2024 07:03
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item
View Item