khusyaini, Ahmad (2024) MPLEMENTASI PERBAIKAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI DEFECT AIRCRAFT PAINTING TOUCH-UP DENGAN METODE DMAIC DI INDUSTRI PENERBANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Cover_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (52kB)
Lembar Pengesahan_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (570kB)
Abstrak_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12kB)
BAB 1_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (302kB) | Request a copy
BAB 2_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (630kB) | Request a copy
BAB 3_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (187kB) | Request a copy
BAB 4_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_AHMAD KHUSYAINI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (91kB)
Abstract
Seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya ekspektasi konsumen,
kualitas menjadi kunci utama dalam industri jasa. PT. XYZ yang bergerak di bidang
perawatan pesawat, menghadapi tantangan dalam mengurangi defect pada proses
aircraft painting touch-up. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi defect
tersebut menggunakan metode DMAIC. Tahapan DMAIC meliputi define,
measure, analyze, improve, dan control. Pada tahap define, ditemukan bahwa defect
dust merupakan yang paling dominan. Pengukuran awal menunjukkan nilai rata�rata DPMO (defect per million oportunities) sebesar 12,129 dan sigma 3,773.
Analisis menggunakan diagram Ishikawa untuk mengetahui akar penyebab masalah
dan FMEA mengetahui prioritas akar penyebab terjadinnya masalah untuk segera
dilakukan perbaikan pada defect aircraft paint touch-up adalah material cleaning
yang meninggalkan serat pada permukaan yang akan diaplikasikan cat dan spray
gun dalam keadaan tidak optimal untuk digunakan. Usulan perbaikan mencakup
pengadaan material cleaning yang tepat dan checklist preventive maintenance
untuk spray gun. Implementasi perbaikan menunjukkan penurunan defect dust,
dengan nilai DPMO menurun menjadi 3.477 dan sigma meningkat menjadi 4,209.
Hasil ini menunjukkan perbaikan yang dilakukan efektif dalam mengurangi defect
dan meningkatkan kualitas pengecatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Ferdiansyah, Ismail 0415118804 ismailfardiansyahe1@gmail.com |
Additional Information: | Silahkan meghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: DPMO, sigma, DMAIC, defect dust, aircraft painting. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas teknik > Industri |
Depositing User: | Miss Eca Tri Luciana |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 04:39 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 04:39 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/599 |