ANALISIS PENGGUNAAN METODE USMANI PADA BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS XI DI SMA-IT ASY-SYUKRIYYAH KOTA TANGERANG

JAMI, AHLAM JAM (2022) ANALISIS PENGGUNAAN METODE USMANI PADA BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS XI DI SMA-IT ASY-SYUKRIYYAH KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.

[thumbnail of COVER_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
COVER_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)
[thumbnail of ABSTRAK_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
ABSTRAK_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (156kB)
[thumbnail of BAB I_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
BAB I_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[thumbnail of BAB II_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
BAB II_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[thumbnail of BAB III_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
BAB III_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (589kB)
[thumbnail of BAB IV_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
BAB IV_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
BAB V_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_AHLAM JAM JAMI .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_AHLAM JAM JAMI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB)

Abstract

Guru sebagai supervisor kelas, dituntut untuk mempunyai wawasan serta kreatif terhadap bidang yang ditekuninya, sehingga seorang guru harus mampu menciptakan intreaksi dalam proses belajar mengajar. Penggunaan metode usmani langkah awal pelaksanaanya melalui ice breaking, memotivasi anak-anak agar semangat untuk belajar Al-Qur’an dengan menggunakan metode usmani ini anak-anak lebih mudah untuk belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Metode usmani ini wajib khalaqah (posisi duduk melingkar), dengan posisi duduk melingkar agar anak-anak terpantau dan lebih fleksibel. Permasalahan anak yang tidak bisa membaca Al-Qur’an karena adanya faktor keluarga dan lingkungan mungkin sebelumnya anak tersebut belum mengenal huruf Al-Qur’an. Penggunaan metode di SMA-IT Asy-Syukriyyah ini ada tingkatannya yaitu, metode kelas usmani anak (1,2 dan 3) yang belum mengenal huruf bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Metode Usmani Pada Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas XI di SMA-IT Asy-Syukriyyah dan Untuk mengetahui faktor penghambat Metode Usmani Pada Bacaan Al-Qur’an di SMA-IT Asy-Syukriyyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan metode deskriptif-kualitatif, sedngkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan metode usmani dalam bacaan Al-Qur’an memiliki tahapan metode usmani di sekolah ini ada dua tahapan yaitu tahapan usmani anak dan tahapan usmani dewasa. Dalam Metode usmani banyak teknik yang dapat dipakai pada pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an diantaranya ialah, individual-sorogan, klasikal, klasikal-individual, klasikal baca simak, klasikal baca simak murni. Metode usmani bacaan Al-Qur’an ini sangat berpengaruh bagi siswa sehingga perkembangan siswa dalam belajar bacaan Al Qur’an semakin baik. Faktor penghambat dari metode usmani ini metode pembelajaran berjalan tanpa hambatan hanya saja dari anak-anaknya yang akhlaknya kurang baik. Faktor pendukung metode usmani menggunakan sistem talaqi jadi, sebelum anak-anak membaca Al-Qur’an mereka terlebih dahulu mengikuti bacaan guru harus sama persis apa yang dibacakan gurunya bersama-sama. setelah itu anak anak dites satu persatu untuk mendengar bacaan, ketika bacaan tersebut salah maka guru akan membenarkan dan siswa akan mengulang bacaan yang disebut tahapan simak, baca tiru dan baca langsung.
Kata kunci : Metode Usmani, Bacaan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
JAMI, AHLAM JAM
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Metode Usmani; Bacaan Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 09 Apr 2025 03:19
Last Modified: 09 Apr 2025 03:19
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item
View Item