ANIZAR, ANIS (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAAR EL-HUDA CURUG TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (309kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (344kB)
ABSTRAK_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (126kB)
BAB I_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (474kB)
BAB II_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (908kB)
BAB III_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (822kB)
BAB IV_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
BAB V_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (144kB)
DAFTAR PUSTAKA_ANIS ANIZAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (159kB)
Abstract
Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan metode resitasi oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan seorang pendidik agar mampu menciptakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa mampu mengasah kreativitasnya dalam berfikir yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajarnya khususnya dalam mata pelajaran Fiqih. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Daar El-Huda, sedangkan populasi dalam penelitian ini ialah kelas X, XI, XII sebanyak 203 siswa dengan sampel 61 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar Fiqih di Madarasah Aliyah Pondok Pesantren Daar El-Huda Curug Tangerang. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket), dokumentasi dan observasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang penggunaan metode resitasi, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar Fiqih, sejarah singkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta data jumlah siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daar El-Huda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Daar El Huda Curug Tangerang. Hal itu dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,565 dengan nilai constant (a) sebesar 42,765 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,515. Adapun pengaruh disiplin belajar siswa terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah sebesar 10,0% yang dapat dilihat dari nilai R Square = 0,100 yang menyatakan bahwa terdapat 90,0% faktor lain yang dapat Memengaruhi Hasil Belajar siswa.
Kata Kunci : metode resitasi, Hasil Belajar, Fiqih
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author ANIZAR, ANIS UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
| Uncontrolled Keywords: | metode resitasi; Hasil Belajar; Fiqih. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | ADMIN FAI |
| Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:53 |
| Last Modified: | 11 Apr 2025 03:53 |
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1070 |

