PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP ORIENTASI MEMILIH PADA PEMILIH PEMULA DI PEMILU PRESIDEN 2024

ARI PRASETYO, ARI (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP ORIENTASI MEMILIH PADA PEMILIH PEMULA DI PEMILU PRESIDEN 2024. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of SKRIPSI AKHIR BAGIAN AWAL COVER.pdf] Text
SKRIPSI AKHIR BAGIAN AWAL COVER.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of BAGIAN ISI BAB 1 DAN BAB 5.pdf] Text
BAGIAN ISI BAB 1 DAN BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (89kB)

Abstract

Media sosial tiktok merupakan Aplikasi media sosial dan platform video musik yang populer di kalangan Pemula. Orientasi Memilih mendefinisikan orientasi memilih sebagai budaya politik yang melibatkan tiga aspek: orientasi kognitif, afektif, dan evaluatif. Orientasi kognitif mengacu pada tingkat pengetahuan seseorang terhadap politik, orientasi afektif pada sikap perasaan seseorang terhadap politik, dan orientasi evaluatif pada pilihan terhadap partai politik atau kandidat
calon. Penelitian ini bertujuan Mengindentifikasi pengaruh media sosial TikTok terhadap orientasi memilih pemilih pemula.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang ada di universitas muhammadiyah tangerang yang pernah atau sedang menjali hubungan dengan seseorang berjumlah 3087 sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner yang peneliti susun menggunakan google from. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dalam bentuk distribusi frekuensi dan pengelompokan skor dengan menggunakan Statistical Product and System Solution (SPSS) versi 23.00. bedasarkan hasil analisis yang ditemukan Pengaruh Media Sosial Tiktok sebesar
19.110 %. Respoden menilai bahwa media sosial tiktok mampu merubah Perilaku Sosial Mahasiswa.

Kata Kunci : Media sosial Tiktok, Orientasi Memilih, Perilaku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
DHARMA HERMAWAN, DHARMA
NIDN041308805
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tanti Kurnia perpusfisip
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:03
Last Modified: 21 Apr 2025 07:03
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item
View Item