PENGARUH PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MAPEL IPS KELAS V SD NEGERI BUNDER IV KABUPATEN TANGERANG

MARTA LESTARI, BALQIS (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MAPEL IPS KELAS V SD NEGERI BUNDER IV KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[thumbnail of persetujuan.pdf] Text
persetujuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (439kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (439kB)
[thumbnail of kata pengantar.pdf] Text
kata pengantar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (219kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mind
mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif pada mapel IPS siswa kelas V
antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan siswa
yang menggunakan pembelajaran secara konvensional di SDN Bunder 4 Kabupaten
Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental
jenis metode penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Pretest
– Posttest Control Group Design. Melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dalam penelitian ini, siswa dalam kelas eksperimen diajarkan menggunakan
metode pembelajaran mind mapping dengan modul ajar kurikulum merdeka materi
pelajaran IPS yaitu Kenampakan alam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V yang menggunakan metode
pembelajaran mind mapping. Nilai rata – rata postes kelas eksperimen adalah 81,49
sedangkan kelas kontrol yaitu 45,77 Uji normalitas kolmigrov dan uji homogenitas
menunjukkan bahwa sig 2-tailed sebesar 0,000 lebih kecil dari α=0,005
mengindikasikan adanya pengaruh signifikan metode pembelajaran mind mapping
terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V pada maple IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Dwi Hartantri, Saktian
0401108901
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fahurrohmah, Yoyoh
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Active learning, Mind mapping, Keterampilan Berpikir Kreatif, Quasi Eksperimen, Kabupaten Tangerang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 24 Apr 2025 10:31
Last Modified: 24 Apr 2025 10:31
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item
View Item