Maulidawani, Dwi (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BTQ TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SESUAI KAIDAH TAJWID SISWA KELAS VIII SMP DAARUTASBIH AR-RAFI KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (296kB)
LEMBAR PENGESAHAN_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
ABSTRAK_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (190kB)
BAB I_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (413kB)
BAB II_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB III_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (897kB)
BAB IV_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB V_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (142kB)
DAFTAR PUSTAKA_Dwi Maulidawani .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (288kB)
Abstract
Mempelajari Al-Qur''an adalah kewajiban. Salah satu bagian mempelajari Al-Qur''an yaitu membaca Al-Qur''an. Karena itu mempelajari Al-Qur'an penting sekali dimulai sejak kanak-kanak, baik di sekolah, atau di luar sekolah. Allah SWT telah memerintahkan kepada umat Islam untuk membaca sejak Nabi Muhammad SAW. menerima wahyu pertama yaitu “Iqra”. Sehingga sudah seharusnya sebagai umat Islam mampu melaksanakan perintah tersebut yaitu membaca apapun akan ciptaan Allah SWT termasuk mampu membaca kitab Allah Al-Qur''anul Karim. Pada usia ini seharusnya mereka sudah mampu menulis dan membaca Al-Qur’an, hal ini dikarenakan membaca atau mempelajari Al-Qur’an adalah wajib bagi setiap muslim yang beragama Islam tanpa memandang status sosial. Maka dari itu kebanyakan sekolah menerapkan metode pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) agar para siswa yang belum lancar membaca dan menulis Al-Qur’an atau tidak bisa sama sekali membaca dan menulis Al-Qur’an. Dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif adalah pendekatan ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena-fenomena serta hubungan-hubungannya. Pendekatan kuantitatif selalu disebut sebagai pendekatan tradisional, karena pendekatan ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah lama mentradisi sebagai metode atau pendekatan untuk penelitian. Data penelitian kuantitatif berupa angka-angka dan dianalisi dengan menggunakan statistik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa t hitung t tabel (-0,083 1.671) maka Hₒ diterima dan Hₐ ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh metode pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid siswa kelas VIII SMP Daaruttasbih Ar-Raffi kabupaten Tangerang. Hₐ diterima, maka hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh metode pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid siswa kelas VIII SMP Daaruttasbih Ar-Raffi Kabupaten Tangerang.
Kata kunci : Metode pembelajaran,Membaca Al-Qur’an, Kaidah Tajwid
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author Maulidawani, Dwi UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
| Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Membaca Al-Qur’an; Kaidah Tajwid |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | ADMIN FAI |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:55 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 02:55 |
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1124 |

