HUSNIAWATI, HESTI (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP ISLAM ASYSYAKIRIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_HESTI HUSNIAWATI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (104kB)
LEMBAR PENGESAHAN_HESTI HUSNIAWATI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (199kB)
ABSTRAK_HESTI HUSNIAWATI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (129kB)
BAB I_ HESTI HUSNIAWATI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (725kB)
BAB II_ HESTI HUSNIAWATI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (885kB)
BAB III_ HESTI HUSNIAWATI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (911kB)
BAB IV_ HESTI HUSNIAWATI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (977kB)
BAB V_ HESTI HUSNIAWATI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (188kB)
DAFTAR PUSTAKA_HESTI HUSNIAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (159kB)
Abstract
Kemampuan literasi membaca terkait dengan kemampuan memahami teks bacaan dengan analitis, kritis dan reflektif. Karena membaca merupakan salah satu aspek keahlian yang dapat menunjang kegiatan komunikasi secara tertulis oleh sebab itu kemampuan literasi seseorang harus ditingkatkan. Berdasarkan pengamatan di lapangan, siswa SMP Islam Asyyakirin menujukkan kurangnya minat membaca terlebih dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan diperkuat menggunakan uji-t. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan problem solving terhadap upaya meningkatkan literasi membaca peserta didik kelas VII di SMP Islam Asysyakirin. Adapun hasil koefisiensi sebesar 26,8% (dibulatkan menjadi 27%) atau 27% maka berpengaruh positif. Sedangkan 73% merupakan faktor yang mempengaruhi variabel Y dari faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Yang tidak diteliti diantaranya faktor lingkungan, faktor keluarga, dan faktor individu itu sendiri.
Kata Kunci : Problem Solving, Literasi Membaca, Pendidikan Agama Islam
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HUSNIAWATI, HESTI UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
| Uncontrolled Keywords: | Problem Solving; Literasi Membaca; Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | ADMIN FAI |
| Date Deposited: | 24 May 2025 03:55 |
| Last Modified: | 24 May 2025 03:55 |
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1150 |

