KHOTIMAH, HUSNUL (2023) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPNEGERI 31 KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
![[thumbnail of COVER_HUSNUL KHOTIMAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER_HUSNUL KHOTIMAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (123kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_HUSNUL KHOTIMAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN_HUSNUL KHOTIMAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (154kB)
![[thumbnail of ABSTRAK_HUSNUL KHOTIMAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_HUSNUL KHOTIMAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (161kB)
![[thumbnail of BAB I_HUSNUL KHOTIMAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_HUSNUL KHOTIMAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (503kB)
![[thumbnail of BAB II_HUSNUL KHOTIMAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_HUSNUL KHOTIMAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III_HUSNUL KHOTIMAH .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_HUSNUL KHOTIMAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (665kB)
![[thumbnail of BAB IV_HUSNUL KHOTIMAH.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_HUSNUL KHOTIMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (237kB)
![[thumbnail of BAB V_HUSNUL KHOTIMAH.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_HUSNUL KHOTIMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (99kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_HUSNUL KHOTIMAH.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA_HUSNUL KHOTIMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (168kB)
Abstract
Kurikulum merupakan sebuah sistem. Sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan. Selain itu kurikulum juga di pandang sebagai suatu program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 31 Kota Tangerang dan untuk mengetahui evaluasi yang dilakukan guru PAI dalam penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri 31 Kota Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis metode pendekatan deskriptif, yakni hanya mengangkat fakta, keadaan, variabel dan fenomena-fenomen yang terjadi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui wawancara kepada informan yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMP Negeri 31 Kota Tangerang. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh berupa dokumen sekolah, dokumen guru-guru dan dokumen keadaan peserta didik. Insrtumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpukan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 31 Kota Tangerang telah menerapkan pembelajaran dan penilaian berdeferensiasi sebagai perwujudan pola penerapan kurikulum merdeka dan implementasi dari pola penerapan kurikulum merdeka itu berdampak baik dan menjadikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih menyenangkan, berkualitas dan bermakna, karena dengan penerapan kurikulum merdeka peserta didik memiliki kemampuan berfikir kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat dan memiliki daya imajinasi yang tinggi.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author KHOTIMAH, HUSNUL UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka; Pembelajaran PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 24 May 2025 04:11 |
Last Modified: | 24 May 2025 04:11 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1151 |