SAFINGI, IKSAN (2023) STRATEGI MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR‘AN DENGAN METODE YANBU’A DI KELAS VII SMPTQ AL-BADAR 2 JAYANTI TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_IKSAN SAFINGI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (97kB)
LEMBAR PENGESAHAN_IKSAN SAFINGI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (142kB)
ABSTRAK_IKSAN SAFINGI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (176kB)
BAB I_IKSAN SAFINGI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB II_IKSAN SAFINGI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
BAB III_IKSAN SAFINGI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (616kB)
BAB IV_IKSAN SAFINGI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (942kB)
BAB V_IKSAN SAFINGI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (214kB)
DAFTAR PUSTAKA _IKSAN SAFINGI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an dengan benar dan lancar sehingga proses belajar mengajar akan menjadi bermakna dan dapat memberikan informasi kepada assatidz mengenai Metode Yanbu‘a yang dapat digunakan dalam belajar Al-Qur‘an di Pondok Pesantren Al-Badar 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, untuk mendeskripsikan, mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendeskripsikan cara meningkatkan dan mendukung implementasi Metode Yanbu‘a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an santri di Pondok Pesantren Al-Badar 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Implementasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an murid SMP kelas VII di Pondok Pesantren Al-Badar 2. Dalam penelitian Implementasi Metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Al-Badar 2 telah terlaksana dengan baik pada kelas VII SMP Al-Badar 2 Jayanti, Faktor penghambat pembelajaran baca tulis dan menghafal Al-Qur’an di Al-Badar 2 ini cukup bervariasi, kemampuan menerima pelajaran yang berbeda, santri masih bingung untuk mengenal tulisan utsmani, seperti fathatain atau dhomatain bertemu huruf Yaa atau Wau, yang biasanya di atas keduanya ada tasydid, tapi di Rosm Utsmani tidak ada, ketika mengenalkan bacaan GHORIB, para santri merasa asing dengan materinya dan Cara meningkatkan dan mendukung dari implementasi Metode Yan’bua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an murid SMP kelas VII di Pondok Pesantren Al-Badar 2 yaitu dalam proses pembelajaran Al-Qur’an selain adanya fasilitas yang memadai dan lengkap, kitabnya mudah didapatkan, dan disiplin. Pondok Pesantren Al-Badar 2 juga menyediakan kitab tersebut.
Kata Kunci: Metode Yanbu’a dan Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author SAFINGI, IKSAN UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Yanbu’a; Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | ADMIN FAI |
| Date Deposited: | 24 May 2025 04:28 |
| Last Modified: | 24 May 2025 04:28 |
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1153 |

