PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI MA ISLAMIC CENTRE KOTA TANGERANG

ROSALINA, MIA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI MA ISLAMIC CENTRE KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.

[thumbnail of COVER_MIA ROSALINA.pdf] Text
COVER_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_MIA ROSALINA.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB)
[thumbnail of ABSTRAK_MIA ROSALINA.pdf] Text
ABSTRAK_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (137kB)
[thumbnail of BAB I_MIA ROSALINA.pdf] Text
BAB I_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (564kB)
[thumbnail of BAB II_MIA ROSALINA.pdf] Text
BAB II_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III_MIA ROSALINA.pdf] Text
BAB III_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV_MIA ROSALINA.pdf] Text
BAB IV_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (964kB)
[thumbnail of BAB V_MIA ROSALINA.pdf] Text
BAB V_MIA ROSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar PAI kelas XI SMAS Islamic Centre. Penelitian ini dilakukan di SMAS Islamic Centre. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni XI Mipa 2 (Kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode SQ3R) dan kelas XI Mipa 3 (Kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Teknik Total Sampling merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dan hasil yang diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah; (1) Berdasarkan uji normalitas Lilifors didapati hasil belajar pada metode pembelajaran SQ3R adalah Lhitung= -0,0245. Sedangkan dari taraf uji lilifors pada taraf nyata ɑ=0,05, maka diperoleh harga Ltabel=0,149, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel atau ( -0,0245 < 0,149) yang berarti data hasil belajar siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (2) Berdasarkan uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (2,166 < 1,80) hal ini berarti dapat disimpulkan varians berasal dari data berdistribusi yang homogen. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung= 4,707 dan ttabel= 1,995. Kriteria pengujian adalah terima H₀ jika thitung < ttabel. Dalam penelitian ini diperoleh thitung > ttabel atau (4.707 > 1,995) dengan demikian tolak H₀ dan terima Hₐ, berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar PAI kelas XI SMAS Islamic Centre.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran SQ3R, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
ROSALINA, MIA
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran SQ3R; Pendidikan Agama Islam; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 28 May 2025 08:20
Last Modified: 28 May 2025 08:20
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item
View Item