RAHMAT, MUHAMAD FADLY (2023) MODERNISASI TEKNIK MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN FIQIH DI SMA DAARUL QUR’AN KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
![[thumbnail of COVER_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (338kB)
![[thumbnail of ABSTRAK_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (130kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (83kB)
![[thumbnail of BAB I_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (458kB)
![[thumbnail of BAB II_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (888kB)
![[thumbnail of BAB III_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (697kB)
![[thumbnail of BAB IV_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (208kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA_MUHAMAD FADLY RAHMAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (213kB)
Abstract
Pelaksanaan proses pembelajaran fiqih dengan menggunakan model pembelajaran tanya jawab sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik, kemandirian, kecerdasan pada diri masing-masing peserta didik dan meningkatkan kecerdasan peserta didik. Model ini menekankan pada pengetahuan mereka lewat keterlibatan dalam proses belajar, sehingga proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik dan pendidik hanya sebagai fasilitator.
Skripsi ini bertujuan mengetahui penerapan model tanya jawab 2) mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada mapel fiqih,Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan Penelitian ini termasuk penelitian kualitaitif dengan jenis riset kepustakaan (library research) dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dan teknik deskriptif analitik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di dapatkan hasil sebagai berikut; pertama, Langkah-Langkah Penerapan Model Pembelajaran yaitu: guru menyampaikan materi pembelajaran fiqih, Elaboration (pengembangan) dan Evaluation (Evaluasi), kedua pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi thaharah cenderung biasa-biasa saja hal ini dikarenakan hanya berpusat pada guru. Dan ketiga penerapan model pembelajaran tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman siswa dapat berjalan efektif jika gum memfasilitasi siswa dengan tahapan-tahapan sesuai model pembelajaran yaitu Engagement (pembangkitan minat), Exploration (ekplorasi), Explanation (penjelasan), Elaboration (pengembangan), Evaluation (evaluasi), sehingga pernbelajaran berjalan secara optimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu bertambahnya nilai basil belajar dan perubahan sikap siswa semakin bersemangat menunjukkan pemahaman siswa meningkat.
Kata kunci : Modernisasi, Teknik mengajar guru, Mata pelajaran fiqih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author RAHMAT, MUHAMAD FADLY UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Modernisasi; Teknik mengajar guru; Mata pelajaran fiqih |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 28 May 2025 09:04 |
Last Modified: | 28 May 2025 09:04 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1181 |