IDRIS, MUHAMAD RIDWAN (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORIAL, VISUAL DAN INTELEKTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SISWI KELAS XI MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK PANCAKARYA KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
![[thumbnail of COVER_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (73kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (177kB)
![[thumbnail of ABSTRAK_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (132kB)
![[thumbnail of BAB I_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (485kB)
![[thumbnail of BAB II_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (678kB)
![[thumbnail of BAB IV_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (164kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA_ MUHAMAD RIDWAN IDRIS _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (261kB)
Abstract
Proses belajar mengajar perlu sebuah metode, strategi, atau model pembelajaran agar tersusun sehingga siswa tertarik mengikuti pelajaran. Berkenaan dengan ini banyak siswa yang tidak mengerti pelajaran yang sedang diajarkan karena terkesan acuh tak acuh serta kurangnya hasil belajar sehingga menjadi permasalahan siswa di sekolah. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Implementasi Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditorial Visual Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Siswi Kelas XI Mapel Pai dan Budi Pekerti di SMK Pancakarya Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana pendekatan pembelajaran SAVI dapat diterapkan secara efektif di lingkungan pendidikan menengah kejuruan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan panduan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih beragam dan sesuai dengan gaya belajar siswa-siswi, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mereka dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dari wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen lainnya. Data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan teknik analisi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran savi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa-siswi dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Proses belajar mengajar yang memanfaatkan beragam metode pembelajaran, seperti gerakan fisik, penyajian materi melalui suara, penggunaan gambar atau media visual, serta penerapan pemikiran analitis, memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan penerimaan siswa terhadap materi pelajaran. Efektivitas metode pembelajaran savi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas XI SMK Pancakarya Tangerang sudah cukup efektif melihat jam pelajaran yang tidak begitu banyak namun materi yang disampaikan cukup banyak.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Strategi Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author IDRIS, MUHAMAD RIDWAN UNSPECIFIED UNSPECIFIED Thesis advisor BASYIT, MA, Dr. ABDUL UNSPECIFIED UNSPECIFIED Thesis advisor Dr. ZULKIFLI, MA, Dr. ZULKIFLI, MA UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran SAVI; Hasil Belajar; Strategi Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 30 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 30 May 2025 02:34 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1182 |