FAHREZI, MUHAMMAD DIO (2023) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 17 CIPUTAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
![[thumbnail of COVER_MUHAMMAD DIO FAHREZI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER_MUHAMMAD DIO FAHREZI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (40kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_MUHAMMAD DIO FAHREZI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN_MUHAMMAD DIO FAHREZI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (249kB)
![[thumbnail of ABSTRAK_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (222kB)
![[thumbnail of BAB I_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (436kB)
![[thumbnail of BAB II_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of _BAB III_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
_BAB III_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of _BAB IV_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
_BAB IV_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (145kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD DIO FAHREZI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (234kB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam di sekolah dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya permasalahan. Di antaranya adalah masih diterapkannya pembelajaran secara konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas sehingga tidak dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Untuk itu, perlu diterapkan pendekatan alternatif dalam belajar materi Agama Islam yang dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan dapat mengembangkan potensi siswa secara optimal. Salah satu alternatif pendekatan yang digunakan adalah dengan penerapan pendekatan konstruktivis sosial. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 17 Ciputat setelah diterapkan pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI?, (2) Bagaimana Evaluasi hasil motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 17 Ciputat setelah diterapkan pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian kolaboratif partisipatoris dan mengacu pada model yang digunakan oleh Hopkins. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 17 Ciputat dengan peningkatan nilai motivasi dari pre test ke siklus I sebesar 10,31%, siklus I ke siklus II sebesar 11,29% dan pre test ke siklus II sebesar 24,09% . 2) Penerapan pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI dilakukan dengan menggunakan teknik scaffolding dan tutoring. Kedua teknik tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, namun dari kedua teknik itu yang paling berhasil adalah tutoring.
Kata Kunci: Pendekatan Konstruktivis Sosial, Scaffolding, Tutoring, PAI, Motivasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author FAHREZI, MUHAMMAD DIO UNSPECIFIED UNSPECIFIED Thesis advisor HAKIM, M.Pd, Dr. LUKMANUL UNSPECIFIED UNSPECIFIED Thesis advisor NASRULLAH, MA, NASRULLAH, MA UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivis Sosial; Scaffolding; Tutoring; PAI; Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 30 May 2025 04:37 |
Last Modified: | 30 May 2025 04:37 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1186 |