KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP MATHLA’UL ANWAR SUKADIRI TANGERANG (Studi Kasus Kelas VIII )

Maisa Rohmah, Siti (2020) KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP MATHLA’UL ANWAR SUKADIRI TANGERANG (Studi Kasus Kelas VIII ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of COVER_SITI MAISA ROHMAH.pdf] Text
COVER_SITI MAISA ROHMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (275kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_SITI MAISA ROHMAH.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_SITI MAISA ROHMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[thumbnail of ABSTRAK_SITI MAISA ROHMAH.pdf] Text
ABSTRAK_SITI MAISA ROHMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB)
[thumbnail of BAB I_SITI MAISA ROHMAH.pdf] Text
BAB I_SITI MAISA ROHMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (861kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_SITI MAISA ROHMAH.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_SITI MAISA ROHMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (69kB)

Abstract

Sesuai dengan UU No.20 Tahun 2003 ditegaskan bahwa tujuan pendidikan
nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia
Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan
memiliki kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri
serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Latar belakang
penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami fungsi agama dalam
kehidupan sehari-hari, beberapa peserta didik sudah menjalankan ajaran
Rosulluah SAW dengan baik ada juga peserta didik yang sudah mengetahui
namun tidak mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi
mengesampingkan sesuatu yang berkaitan dengan sosial keagamaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif.
Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Mathala’ul Anwar dari bulan Juni dan
berakhir Agustus 2020. Subyek penelitian adalah guru dan siswa, informan dalam
penelitian ini adalah Guru Agama, Kepala Sekolah, Guru BP dan siswa. Teknik
pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yang dipakai trianggulasi
sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif
meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dengan metode
pembiasaan di SMP Mathla’ul Anwar adalah sebagai berikut: a) Sholat zuhur
berjama’ah, b). Sholat duha, c). Berjabat tangan dan mengucap salam, d) Tadarus
sebelum pembelajaran dimulai, e) membaca Do’a sebelum dan sesudah belajar
dan f) Pengumpulan dana sosial. pembiasaan yang diterapkan sebagai upaya untuk
mengimplementasikan nilai-nilai ajaran keislaman kepada siswa yang telah
didapatkan melalui materi-materi dikelas. Proses pembelajaran yang digunakan
oleh SMP Mathla'ul Anwar berupaya merubah tingkah laku peserta didik agar
menjadi siswa yang taat kepada Allah dan memiliki pribadi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
Maisa Rohmah, Siti
1686208006
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Kurniyati, M.A, Ety
019402
UNSPECIFIED
Thesis advisor
M.A, Baehaqi
963485
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan anda jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran, Implementasi,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: admin fai
Date Deposited: 04 May 2024 08:30
Last Modified: 04 May 2024 08:30
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item
View Item