METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU SISWA KELAS VIII SEKOLAH KHUSUS YAYASAN KARYA DHARMA WANITA 02 DI KARAWACI KOTA TANGERANG

PARAMITA, DESYA (2023) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU SISWA KELAS VIII SEKOLAH KHUSUS YAYASAN KARYA DHARMA WANITA 02 DI KARAWACI KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of COVER_DESYA PARAMITA.pdf] Text
COVER_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (54kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_DESYA PARAMITA.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (207kB)
[thumbnail of ABSTRAK_DESYA PARAMITA.pdf] Text
ABSTRAK_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[thumbnail of BAB I_DESYA PARAMITA.pdf] Text
BAB I_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[thumbnail of BAB II_DESYA PARAMITA.pdf] Text
BAB II_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (266kB)
[thumbnail of BAB III_DESYA PARAMITA.pdf] Text
BAB III_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (137kB)
[thumbnail of BAB IV_DESYA PARAMITA.pdf] Text
BAB IV_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (140kB)
[thumbnail of BAB V_DESYA PARAMITA.pdf] Text
BAB V_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_DESYA PARAMITA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_DESYA PARAMITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)

Abstract

Pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus sangatlah penting.
Kenyataannya mendidik anak berkebutuhan khusus tunarungu tidak dapat
disamakan dengan mendidik anak normal pada umumnya. Adanya kekurangan-
kekurangan serta keterbatasan pada indra tertentu menyebabkan kesulitan bagi anak
tunarungu dalam menerima pembelajaran seperti pola atau metode yang diterapkan
pada anak normal. Maka dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang lebih mudah
dipahami secara mendalam mengenai ajaran agama islam. Dikarenakan
keterbatasan yang dimilikinya, maka para penyandang tunarungu dalam
mempelajari, memahami dan mendalami ajaran Islam, khususnya pendidikan
agama Islam berbeda dengan manusia normal pada umumnya. Hal itu karena
keterbatasan daya pendengaran yang dimiliki yaitu rusaknya seluruh atau sebagian
alat pendengarannya. Oleh karena itu, dalam mempelajari, memahami dan
mendalami pendidikan agama Islam para penyandang tunarungu membutuhkan
bantuan orang lain atau alat bantu untuk mampu mengembangkan potensi dirinya
agar mampu merasakan hidup layaknya orang normal. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui macam-macam metode pembelajaran PAI pada anak tunarungu,
untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran PAI pada anak
tunarungu, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi ketika
melaksanakan metode tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah
SKH YKDW 02, Waka Kurikulum SKH YKDW 02, dan Guru PAI kelas VIII.
Pengumpilan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan catatan
lapangan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik perpanjangan
pengamatan, penggunaan bahan referensi, triangulasi cara/teknik, triangulasi
sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah metode yang digunakan adalah metode ceramah dengan komunikasi total, metode demonstrasi dengan
media audio visual, dan metode praktik langsung. Lalu pelaksanaanya
menggunakan Bahasa isyarat dan materi yang digunakan lebih disederhanakan.
Kendala yang dihadapi adalah Kurangnya SDM yang memadai khususnya terkait
bahasa isyarat yang dikuasai oleh guru. Kurangnya support dari Lembaga terkait
dengan penguatan SDM. Kurangnya Fasilitas yang mendukung pembelajaran
khususnya media pembelajaran dengan bahasa isyarat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
PARAMITA, DESYA
1886208146
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MM, Muzakir
545862
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sarif, M.Pd, Ahmad
1024861
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Anak Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:34
Last Modified: 07 Oct 2024 08:34
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item