DEWI SHOLEHAH, AFIF (2023) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER SISTEM AMONG PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
COVER_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (49kB)
LEMBAR PENGESAHAN_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (155kB)
ABSTRAK_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (32kB)
BAB I_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (275kB)
BAB II_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (235kB)
BAB III_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (153kB)
BAB IV_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (216kB)
BAB V_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (76kB)
DAFTAR PUSTAKA_AFIF DEWI SHOLEHAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (121kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pendidikan karakter yang menjadi
bagian penting dalam proses pendidikan untuk di tanamkan kepada anak didik
agar membentuk akhlak yang terpuji karena mereka adalah generasi penerus
bangsa. Seorang putra asli Indonesia, Ki Hajar Dewantara menegaskan bahwa
pendidikan adalah ruh bagi seorang pelajar dalam proses pembelajarannya. Di era
globalisasi teknologi yang semakin berkembang pesat ini, pola pikir anak bangsa
yang menginjak usia remaja memiliki karakter yang sangat memprihatinkan
karena terpengaruh dengan adanya teknologi yang serba instan dan mereka kurang
mengenal budaya lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
menemukan titik terang tentang metode yang cocok untuk pendidikan karakter
yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian pustaka dan menggunakan analisis yang
digunakan yaitu analisis teks berupa analisis isi. Hasil dari penelitian ini
menyimpulkan bahwa konsep yang wajib digunakan oleh para guru adalah sistem
among perspektif Ki Hajar Dewantara karena konsep ini dilandasi oleh 2 dasar
yaitu kodrat alam dan kemerdekaan. Beliau percaya bahwa setiap anak lahir
memiliki minat, bakat dan potensinya tersendiri. Semboyan dari Ki Hajar
Dewantara yaitu Ing ngarso sung tulodha ing madya mangun karso, tutwuri
handayani. semboyan tersebut sudah dikenal pada masyarakat terdahulu dan
diterapkan di Taman Siswa. Di relevansikan dengan pendidikan Agama Islam
yaitu membiasakan anak didik menggunakan metode Syariat, Hakikat, dan
Tarikat. Namun, pada saat ini semboyan tidak dilaksanakan secara sepenuhnya
yang mengakibatkan berbagai kerusakan pada karakter anak didik, dan anak didik
hanya dituntut untuk mengetahui dan memperluas ilmu pengetahuan tetapi krisis
akan karakter dan pudarnya budaya lokal. Di bantu oleh peranan dari lingkungan
keluarga dan masyarakat untuk menciptakan generasi yang cerdas akal tetapi
cerdas dalam tindakan juga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | admin fai |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:40 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:41 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/405 |