HASAN, FIRDAH (2023) EFEKTIVITAS METODE TASK-BASED LANGUAGE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SANTRI KELAS VI DI PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR'AN BANI SALAM CIPONDOH TANGERANG, TAHUN AJARAN 2022 - 2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER_FIRDAH HASAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
LEMBAR PENGESAHAN_FIRDAH HASAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
ABSTRAK_FIRDAH HASAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB I-V_FIRDAH HASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA_FIRDAH HASAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran Bahasa Arab yang saat ini masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang sesuai dan monoton. Padahal metode pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar adalah salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penggunaan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor penting, dalam hal ini metode tersebut adalah metode pembelajaran Task-Based Language Teaching (TBLT) yang akan diterapkan di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Bani Salam Cipondoh Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca serta menganalisis pengaruhnya pada siswa kelas VI di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Bani Salam Cipondoh Tangerang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dimana peneliti mengolah, menganalisis dan menginterpretasikan data. Peneliti menggunakan dua kelompok dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok
eksperimen yang menerapkan metode TBLT adalah siswa kelas VI laki-laki dan kelompok kontrol yang tidak menerapkan metode TBLT adalah siswa kelas VI perempuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi langsung, wawancara pribadi dan tes tertulis. Peneliti sampai pada kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran tersebut berjalan dengan baik, melihat aktivitas siswa terlibat dalam pembelajaran tersebut. Selain itu, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode TBLT ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HASAN, FIRDAH 1988204014 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika ingin mendapatkan full paper. |
Uncontrolled Keywords: | Metode; Task-Based Language Teaching; Membaca. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:15 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/460 |