PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 2 KOTA TANGERANG

HALIM, WILDAN (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 2 KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER_WILDAN HALIM.pdf] Text
COVER_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_WILDAN HALIM.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)
[thumbnail of ABSTRAK_WILDAN HALIM.pdf] Text
ABSTRAK_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (122kB)
[thumbnail of BAB I_WILDAN HALIM.pdf] Text
BAB I_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (325kB)
[thumbnail of BAB II_WILDAN HALIM.pdf] Text
BAB II_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)
[thumbnail of BAB III_WILDAN HALIM.pdf] Text
BAB III_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB)
[thumbnail of BAB IV_WILDAN HALIM.pdf] Text
BAB IV_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[thumbnail of BAB V_WILDAN HALIM.pdf] Text
BAB V_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_WILDAN HALIM.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Tangerang, serta apa saja pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas X di MAN 2 MAN Tangerang. 2 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa arab dan siswa kelas X MAN 2 kota tangerang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rencana penyampaian pembelajaran (RPP) yang dirancang oleh guru bahasa Arab di MAN 2 Kota Tangerang sudah memenuhi unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi, Selain itu guru bahasa Arab menerapkan pembelajaran berbasis HOTS ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran, terlihat dari bagaimana siswa melaksanakan pada tataran taksonomi Bloom yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Pada tahap penilaian pembelajaran, guru menginstruksikan siswa untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi yang tertuang dalam soal keterampilan, dimana guru menggunakan KKO pada level C4 (Menganalisis) dan C6 (Menciptakan), dimana KKO mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Faktor pendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yaitu media pembelajaran, lingkungan sekolah dan sumber belajar yang memadai, persepsi positif guru terhadap penerapan pembelajaran berbasis HOTS, dan kualifikasi guru yang memadai. Kendalanya adalah lambatnya kemampuan belajar siswa dan terbatasnya sarana prasarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
HALIM, WILDAN
1988204030
UNSPECIFIED
Additional Information: Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika ingin mendapatkan full paper.
Uncontrolled Keywords: HOTS; Bahasa Arab; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:06
Last Modified: 16 Oct 2024 03:10
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item
View Item