HALIM, WILDAN (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 2 KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (107kB)
LEMBAR PENGESAHAN_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (349kB)
ABSTRAK_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (122kB)
BAB I_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (325kB)
BAB II_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (470kB)
BAB III_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (205kB)
BAB IV_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (493kB)
BAB V_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (191kB)
DAFTAR PUSTAKA_WILDAN HALIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (256kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Tangerang, serta apa saja pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas X di MAN 2 MAN Tangerang. 2 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa arab dan siswa kelas X MAN 2 kota tangerang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rencana penyampaian pembelajaran (RPP) yang dirancang oleh guru bahasa Arab di MAN 2 Kota Tangerang sudah memenuhi unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi, Selain itu guru bahasa Arab menerapkan pembelajaran berbasis HOTS ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran, terlihat dari bagaimana siswa melaksanakan pada tataran taksonomi Bloom yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Pada tahap penilaian pembelajaran, guru menginstruksikan siswa untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi yang tertuang dalam soal keterampilan, dimana guru menggunakan KKO pada level C4 (Menganalisis) dan C6 (Menciptakan), dimana KKO mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Faktor pendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yaitu media pembelajaran, lingkungan sekolah dan sumber belajar yang memadai, persepsi positif guru terhadap penerapan pembelajaran berbasis HOTS, dan kualifikasi guru yang memadai. Kendalanya adalah lambatnya kemampuan belajar siswa dan terbatasnya sarana prasarana pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HALIM, WILDAN 1988204030 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika ingin mendapatkan full paper. |
Uncontrolled Keywords: | HOTS; Bahasa Arab; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 06:06 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:10 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/473 |