HIDAYAT, ZAHRA ALESYHA PUTRI (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER IBNU HAZM PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS AL-MUBAROK TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (134kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (193kB)
ABSTRAK_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (146kB)
BAB I_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (359kB)
BAB II_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (413kB)
BAB III_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (140kB)
BAB IV_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (231kB)
BAB V_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA_ZAHRA ALESYHA PUTRI HIDAYAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (256kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pendidikan karakter menurut Ibnu Hazm Al-Andalusy 2) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pendidikan karakter menurut Ibnu Hazm Al-Andalusy pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII Mts Al-Mubarok. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan pendidikan karakter menurut Ibnu Hazm Al-Andalusy pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII Mts Al-Mubarok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Konsep pendidikan karakter Ibnu Hazm meliputi 3 komponen dalam pembentukan akhlak, diantaranya: 1) Moralitas dan Perilaku, 2) Membuang Kecemasan dan 3) Tatakrama di majlis Ilmu. Untuk implemetasi pendidikan karakter di Mts Al-Mubarok ini adalah: 1) mengadakan Shalat berjamaah di waktu dzuhur dan ashar dan selalu memulai KBM dengan membaca Do’a dan Asmaul Husna, 2) Tidak boleh menggunakan sepatu kedalam toilet, 3) Selalu mencontohkan kalau berbagi itu tidak harus mengharapkan imbalan, 4) Tidak bolehnya menunda pekerjaan rumah (PR) dan 5) Selalu mengedepankan kejujuran. Kemudian Untuk faktor penghambatnya tidak adanya buku paket Akidah Akhlak, dan untuk pendukungnya ada di orang tua, sebisa mungkin dalam pembelajaran non formal atau dirumah orang tua dapat mencontohkan hal-hal baik kepada anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HIDAYAT, ZAHRA ALESYHA PUTRI 2086208055 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendidikan; Ibnu Hazm; Akidah Akhlak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 08:18 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 08:18 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/475 |