TASZKIYAH, ADEK IVAN (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTS. AL – MU’IN TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (178kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (377kB)
ABSTRAK_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (205kB)
BAB I_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (244kB)
BAB II_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (575kB)
BAB III_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (316kB)
BAB IV_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (188kB)
BAB V_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (153kB)
DAFTAR PUSTAKA_ADEK IVAN TASZKIYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (216kB)
Abstract
Pemanfaatan media sosial tiktok merupakan salah satu pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dimana pada media ini mengasah para siswa dan siswi untuk mau terampil dan inovatif dalam proses pembelajaran agar jiwa kreatifitas serta keberanian meraka dapat terasah dalam proses pembelajaran agar mereka dapat termotivasi dalam pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial tiktok terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mts. Al – Mu’in Tangerang.
Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen atau eksperimen semu dan menggunakan angket atau kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk desain non-equivalent control group desain.
Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata 81 sebesar sedangkan untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 83. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi nilai rata-rata angketnya dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari perhitungan diperoleh hasil penyebaran angket dengan menggunakan perlakuan media sosial tiktok lebih tinggi dari rata-rata hasil penyebaran angket siswa yang menggunakan media konvesional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan angket berdasarkan analisis data yang di peroleh dari uji T dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,006 ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) ˂ 0,05 maka terdapat pengaruh. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial tiktok terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mts. Al – Mu’in Tangerang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author TASZKIYAH, ADEK IVAN 2086208005 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper. |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial Tiktok; Motivasi Belajar; Aqidah Akhlak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 05:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 05:46 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/478 |