ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS CERITA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4, CIPONDOH TANGERANG

LESTARI, EKA (2022) ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS CERITA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4, CIPONDOH TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER_EKA LESTARI.pdf] Text
COVER_EKA LESTARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (262kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_EKA LESTARI.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_EKA LESTARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (265kB)
[thumbnail of ABSTRAK_EKA LESTARI.pdf] Text
ABSTRAK_EKA LESTARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (137kB)
[thumbnail of BAB I-V_EKA LESTARI.pdf] Text
BAB I-V_EKA LESTARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_EKA LESTARI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_EKA LESTARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)

Abstract

Beberapa kesulitan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar atau mempelajari bahasa Arab khususnya yang banyak dialami oleh siswa yang baru belajar secara umum yaitu salah satunya adalah kesulitan dalam membaca bahasa Arab. Kesulitan ini tentu dapat diatasi dengan seberapa inovatif guru dalam pengajaran bahasa Arab tersebut, dan bagaimana lingkungan siswa itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Sedangkan teknik pengambilan datanya yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks cerita bahasa Arab. Adapun subjek yang diambil yaitu pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Tangerang.
Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa ada dua faktor yang menyebabkan siswa kesulitan membaca teks bahasa Arab, di antaranya: faktor internal dan faktor eksternal. Pertama, faktor internal yang mencakup latar belakang pendidikan siswa, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab, dan kurangnya bekal pengetahuan tentang nahwu dan shorof yang dimiliki oleh siswa. Kedua, faktor eksternal yang mencakup faktor sikap guru dalam proses pembelajaran dinilai kurang antusias, kurangnya media pembelajaran yang digunakan dan metode pembelajaran yang kurang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
LESTARI, EKA
1888204020
UNSPECIFIED
Additional Information: Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper.
Uncontrolled Keywords: Faktor Kesulitan; Membaca; Teks Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:54
Last Modified: 30 Oct 2024 03:54
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item
View Item