SYABILLA, ADINDA (2024) HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 02 TELUK NAGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (92kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
ABSTRAK_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (55kB)
BAB I_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (273kB)
BAB II_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (438kB)
BAB III_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (248kB)
BAB IV_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (391kB)
BAB V_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (128kB)
DAFTAR PUSTAKA_ADINDA SYABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (147kB)
Abstract
Hubungan Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional
di SMPN 02 Teluk Naga
Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya perhatian masyarakat umum
terhadap kecerdasan emosional, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
hubungan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kecerdasan
emosional peserta didik di sekolah SMPN 02 Teluk Naga . Pendekatan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif.
Populasi penelitian ini terdiri dari 315 peserta didik, sampel penelitian berjumlah
76 peserta didik yang diperoleh dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumen.
Validitas skala diakukan menggunakan skala likert dan analisi butir dan uji
reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis engan menggunakan analisis deskriptid dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan,
diperoleh (1) ada hubungan signifikan antara pembelajaran pendidikan agama Islam
dengan kecerdasan emosional peserta didik sebesar 57.8%,(2) Terdapat hubungan
signifikan dan positif dengan pengujian hipotesis dengan menunjukkan t-hitung
sebesar 0,780 sedangkan t-tabel sebesar 0,2664 artiya t-hitung 0,780 > t-tabel
0,2664 dan signifikan (0,00<0,05).
Kata kunci:Pembelajaran PAI, kecerdasan emosional, peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author SYABILLA, ADINDA UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI, kecerdasan emosional, peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 08:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 11:23 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/573 |