ASTUTI, ANIN DITA DWI (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE POINT COUNTER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI 3 KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (28kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (252kB)
ABSTRAK_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (40kB)
BAB I_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (198kB)
BAB II_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (374kB)
BAB III_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (185kB)
BAB IV_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (250kB)
BAB V_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (60kB)
DAFTAR PUSTAKA_ANIN DITA DWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (114kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan metode pembelajaran kooperatif
type point counter point pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Agar siswa menjadi lebih
aktif dan mandiri pada saat proses pembelajaran berlangsung sesuai dalam penerapan metode
pembelajaran kooperatif type point counter point dengan cara belajar kelompok. Siswa diberikan
metode ini agar tidak monoton dalam pembelajaran sehingga siswa dapat aktif, mandiri, belajar
menyenangkan dengan cara berkelompok, khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam.
Penulisan skripsi yang digunakan peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif,
dengan pendeketan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan
sumber data sekunder.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa lebih termotivasi
dalam metode pembelajaran yang berbeda dari biasanya karena lebih mandiri dan lebih
menyenangkan serta kelas menjadi efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dilihat dari
nilai harian siswa baik kelompok maupun individu yang mengalami peningkatan. Dengan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) 75 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, siswa mampu
mencapai nilai tersebut yang diambil dari keseharian siswa baik nilai sikap, berpikir dan
keterampilan.
Kata Kunci: Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Type Point Counter Point dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di MTs Negeri 3 Kota Tangerang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author ANIN DITA DWI, ASTUTI UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Type Point Counter Point dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Kota Tangerang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:25 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:25 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/614 |