HERMAWAN, ASEP (2024) ANALISIS PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI SAMAKKEE ISLAM WITTAYA SCHOOL SATUN THAILAND. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (79kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (180kB)
ABSTRAK_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (90kB)
BAB I_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (342kB)
BAB II_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (280kB)
BAB III_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (161kB)
BAB IV_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (435kB)
BAB V_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (105kB)
DAFTAR PUSTAKA_ASEP HERMAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (191kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan disiplin belajar siswa pada pembelajaran
Pendidikan Islam di Samakkee Islam Wittaya School Satun Thailand Selatan. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi sekolah-sekolah Islam di Thailand Selatan dalam
mempertahankan identitas mereka di tengah lingkugan yang mayoritas beragama Buddha atau
non-Muslim. Serta pengaruh dari kebijakan pemerintah untuk mendaftarkan lembaga Pendidikan
Islam ke akta rongrian rat son sasna Islam. Kebijakan ini menimbulkan pro-kontra di kalangan
masyarakat Islam Thailand Selatan dan mereka merasa kebijakan tersebut membatasi proses
Pendidikan Islam secara bebas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini
menunjukan bahwa, Samakkee Islam Wittaya School menerapkan disiplin belajar pada
pembelajaran Pendidikan Islam melalui pembiasaan. Seperti halnya apel pagi harian, tadarus Al
Qur’an di setiap jam pertama mata pelajaran, sholat duha, dan sholat dzuhur berjama’ah. Selain
itu, metode reward dan punishment diterapkan untuk mendorong perilaku disiplin dan
memberikan efek jera bagi siswa yang melanggar aturan. Hasil penelitian menunjukan terjadinya
perkembangan disiplin belajar yang signifikan dari tahun 2018 sampai tahun 2024. Hal itu
disebabkan oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik diantaranya adalah faktor
psikologis dan fisiologis. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor sosial dan non-sosial.
Kata kunci: disiplin, belajar, Pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HERMAWAN, ASEP UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | disiplin; belajar; Pendidikan Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 10:45 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 10:45 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/632 |