HERIANTINI, DIAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 CIPONDOH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (108kB)
LEMBAR PENGESAHAN_DIAN HERIANTINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (63kB)
ABSTRAK_DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (111kB)
BAB I_DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (500kB)
BAB II_ DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB III_ DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (640kB)
BAB IV_ DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (908kB)
BAB V_DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (214kB)
DAFTAR PUSTAKA_DIAN HERIANTINI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (205kB)
Abstract
Penyajian kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi juga dapat
menimbulkan kejenuhan peserta didik terhadap materi dan kegiatan belajar.
Interaksi pendidik dan peserta didik dalam menangkap materi pelajaran, dalam arti
pendidik lebih mendominasi proses pembelajaran dan peserta didik lebih banyak
diam dan memperhatikan saja. Beberapa pendidik belum mengembangkan model
pembelajaran yang mengikut sertakan peserta didik secara aktif dalam proses
pembelajaran. Hal ini mengakibatkan peserta didik pasif, kurang berkonsentrasi,
dan kurang bekerja sama dengan peserta didik yang lain. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Team Assisted
Individualization terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI di SMA
Muhammadiyah 2 Cipondoh. Penelitian ini bersifat Deskriptif dan jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan
Teknik observasi, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas XI jurusan IPA SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh yang
berjumlah 140 peserta didik. Sampel penelitian ini menggunakan 104 peserta
didik jurusan IPA dan sampel yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data
menggunakan butir angket yang diberikan kepada peserta didik. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data
dengan taraf signifikan 0,05 didapat thitung < ttabel= 0,000, karena < , berarti model
pembelajaran tipe team assisted individualization berpengaruh terhadap
kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2
Cipondoh.
Kata kunci: pembelajaran tipe team assisted individualization, kemandirian
belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HERIANTINI, DIAN UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tipe team assisted individualization; kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 03:45 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 03:45 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/651 |