YULIANTI, ELMA (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 7 SMP AR-RAHMAN SEPATAN KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_ELMA YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (137kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ELMA YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (151kB)
ABSTRAK_ELMA YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (83kB)
BAB I_ELMA YULIANTI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (763kB)
BAB II_ELMA YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (259kB)
BAB III_ELMA YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (247kB)
BAB IV_ELMA YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (141kB)
BAB V_ELMA YULIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (38kB)
DAFTAR PUSTAKA_ELMA YULIANTI .docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (161kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Media Video Animasi
Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7 Smp Ar-Rahman Sepatan
Kabupaten Tangerang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi 52 dalam
penelitian ini adalah siswa SMP Ar-Rahman Sepatan Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokunetasi. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan Teknik random sampling yaitu setiap siswa dalam populasi mempunyai peluang
yang sama untuk dijadikan sampel dan diperoleh 35 sampel. Hasil penelitian ini adalah terdapat
pengaruh dalam media video animasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan agama
Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai ata-rata siswa. Pada
kelas control tanpa menggunakan video animasi memperoleh nilai rata-rata 52,00. Pada siswa
kelas eksperimen dengan menggunakan video animasi nilai rata-rata 80,40 berarti sudah
memenuhi standa KKM. Dapat dilihat juga dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan
menggunakan uji t pada data posttet tersebut diperoleh nilai yaitu thitung = 8,170 dengan df 58
dan nilai signifikan 0,000, kemudian diperoleh pada ttabel = 2,002. Karena thitung = 8,170 >
pada ttabel = 2,002 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh dengan menggunakan video
animasi terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media video animasi, hasil belajar, Pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author YULIANTI, ELMA UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Media video animasi; hasil belajar; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:31 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:31 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/668 |