HIDAYATURROHMAN, FAIS (2024) PENGARUH METODE LALARAN TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN KITAB AQIDATUL AWAM PADA KELAS VII DI PONDOK PESANTREN TAHFIZ AR-RAHMAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_FAIS HIDAYATURROHMAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (270kB)
LEMBAR PENGESAHAN_FAIS HIDAYATURROHMAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (246kB)
ABSTRAK_FAIS HIDAYATURROHMAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (146kB)
BAB I_FAIS HIDAYATURROHMAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (611kB)
BAB II_FAIS HIDAYATURROHMAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (267kB)
BAB III_FAIS HIDAYATURROHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (203kB)
BAB IV_FAIS HIDAYATURROHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB V_FAIS HIDAYATURROHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (137kB)
DAFTAR PUSTAKA_FAIS HIDAYATURROHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (138kB)
Abstract
Masih Banyak guru di Indonesia yang melaksanakan proses pembelajaran yang belum
sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hal tersebut terungkap dari laporan pemetaan
mutu secara nasional yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemenikbud). Dan mengakibatkan pada tahun 2019 dan 2021 Banyak mengalami masalah
terbesar yaitu banyak nya Jumlah anak putus sekolah di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode lalaran dalam
menghafal kitab di Pondok Tahfidz Ar-Rahmah serta mengetahui persepsi siswa terkait metode
lalaran tersebut.
Eksperiment
Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif
adalah penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan melalui teknik penukaran yang
cermat terhadap variabel-variabel tertentu, sehingga menghasilkan simpulan-simpulan yang
dapat digeneralisasikan. Lepas dari konteks waktu dan situasi serta jenis data yang dikumpulkan
terutama data kuantitatif. dan jenis penelitian ini menggunakan dengan metode Quasi
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode lalaran pada pembelajaran kitab
Aqidatul Awam di pondok tahfidz Ar-Rahmah secara umum tidak telalu berbeda dengan
penerapan metode lalaran pada kitab lain nya baik dari segi Bin-nadzar, Talaqqi, Takrir . Namun
penerapan metode lalaran masih terdapat persoalan diantaranya sekolah-sekolah yang
menerapkan metode lalaran belum sepenuhnya menghafal pada siswa nya. Adapun penerapan
metode lalaran mendapatkan persepsi positif dari para siswa sehingga membantu mempercepat
daya ingat hafalan nya dipondok Tahfidz Ar-Rahmah.
Kata Kunci : Metode Lalaran, Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HIDAYATURROHMAN, FAIS UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Metode Lalaran;Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2024 03:03 |
Last Modified: | 14 Dec 2024 03:03 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/676 |