PERSEPSI GENERASI Z PADA FILM CEK TOKO SEBELAH 2 TERKAIT DENGAN FENOMENA CHILDFREE

Faradita Aprillya Ayu Cania, Faradita (2024) PERSEPSI GENERASI Z PADA FILM CEK TOKO SEBELAH 2 TERKAIT DENGAN FENOMENA CHILDFREE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of Bagian Awal Skripsi Faradita Aprillya Ayu Cania .pdf] Text
Bagian Awal Skripsi Faradita Aprillya Ayu Cania .pdf

Download (919kB)
[thumbnail of Bagian Isi_Skripsi Faradita Aprillya Ayu Cania .pdf] Text
Bagian Isi_Skripsi Faradita Aprillya Ayu Cania .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bagian Akhir Skripsi Faradita Aprillya Ayu Cania .pdf] Text
Bagian Akhir Skripsi Faradita Aprillya Ayu Cania .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul ‘Persepsi Generasi Z Pada Film Cek Toko Sebelah 2 Terkait Dengan Fenomena Childfree’ dipilih karena fenomena childfree yang kembali hadir di tengah masyarakat Indoensia, melalui film Cek Toko Sebelah 2,
Ernest Prakasa selaku sutradara juga menyatakan bahwa diangkatnya fenomena ini menjadi ini bertujuan agar masyarakat dapat melihat gambaran mengenai fenomena
childfree dalam sebuah keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi Generasi Z terhadap fenomena childfree pada film Cek Toko Sebelah 2 berdasarkan pada analisis semiotika tiga level John Fiske, yang kemudian hasil wawancara akan dikategorisasikan sesuai dengan level realitas, level representasi, dan level ideologi melalui pengkodean scene 2 (00:16:45 –
00:17:20), scene 6 (01:20:52 – 01:21:15), dan scene 7 (01:22:33 – 01:22:55). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teori yang digunakan adalah teori persepsi dan
analisis semiotika John Fiske. Hasil pada penelitian ini menemukan bahwa bagaimana Generasi Z memandang fenomena childfree melalui film Cek Toko Sebelah 2 dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan, keluarga, hingga nilai-nilai yang mereka yakini. Nilai-nilai lain berdasarkan persepsi Generasi Z yang dapat diambil merupakan (1) komunikasi merupakan nilai terpenting untuk menjaga
keharmonisan hubungan, (2) pentingnya memahami serta menghargai prinsip orang lain, (3) setiap individu berhak memilih jalan hidupnya sesuai dengan apa yang
diyakini, (4) trauma masa lalu tidak dapat menjadi penghambat kebahagiaan di masa depan.

Kata Kunci: Fenomena Childfree, Generasi Z, Film Cek Toko Sebelah 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Mirza Shahreza, Mirza
NIDN0429077605
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tanti Kurnia perpusfisip
Date Deposited: 16 Dec 2024 07:04
Last Modified: 16 Dec 2024 07:04
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item
View Item