FIKRI, FAJAR MAULANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION) TERHADAP LITERASI MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MATAPELAJARAN AL-QUR’AN DI MTS AL-HUSNA CURUG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_FAJAR MAULANA FIKRI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (245kB)
LEMBAR PENGESAHAN_FAJAR MAULANA FIKRI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (134kB)
ABSTRAK_FAJAR MAULANA FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (102kB)
BAB I_FAJAR MAULANA FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (198kB)
BAB II_FAJAR MAULANA FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (389kB)
BAB III_FAJAR MAULANA FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (274kB)
BAB IV_ FAJAR MAULANA FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (217kB)
_BAB V_ FAJAR MAULANA FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (82kB)
DAFTAR PUSTAKA_ FAJAR MAULANA FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (150kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC
(cooverative, integrated, reading and composition) terhadap literasi membaca Al-Qur’an
siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VII MTs Al Husna Curug, untuk
mengetahui literasi membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist
siswa antara sebelum dan sesudah digunakannya model CIRC (cooverative, integrated,
reading and composition) di kelas VII MTs Al Husna Curug. Penelitian ini dilaksanakan
di MTs As Husna Curug Kab. Tangerang Banten dengan menggunakan metode
penelitian quasi eksperiement. Adapun bentuk penelitian quasi eksperimen yang
digunakan desain Non Equivelent Control Group Design, ada dua kelompok subjek,
satu sebagai kelompok eksperimen mendapat perlakuan dan satu kelompok sebagai
kelompok control. Keduanya memperoleh pretest dan posttest. Kesimpulan yang
diperoleh dari penelitian ini adalah literasi membaca Al-Qur’an siwa antara kelas yang
diberikan model pembelajaran cooverative, integrated, reading and composition dan
kelas yang tidak diberikan model pembelajaran cooverative, integrated, reading and
composition terdapat pengaruh yang signifikan, Skor rata-rata literasi membaca
Al-Qur’an siswa kelas eksperimen setelah perlakuan memiliki skor sebesar 83,13 dan
kelas control memiliki skor rata-rata 66,23 Literasi membaca Al-Qur’an antara siswa
kelas eksperimen dan kelas control setelah perlakuan uji-t, dimana diperoleh nilai
thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikasi 0,05 yakni 9,567 ≥ 1,671. Hasil
penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC (Cooverative, Integrated, Reading and
Composition), Literasi Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author FIKRI, FAJAR MAULANA UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CIRC (Cooverative; Integrated; Reading and Composition); Literasi Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 04:56 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 04:56 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/695 |