UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MA’HAD TAHFIZH USWAH HASANAH CILEDUG KOTA TANGERANG

FARHAN, FARHAN (2024) UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MA’HAD TAHFIZH USWAH HASANAH CILEDUG KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.

[thumbnail of COVER_FARHAN.pdf] Text
COVER_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_FARHAN .pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_FARHAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (47kB)
[thumbnail of ABSTRAK_FARHAN.pdf] Text
ABSTRAK_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (111kB)
[thumbnail of BAB I_FARHAN.pdf] Text
BAB I_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (273kB)
[thumbnail of BAB II_FARHAN.pdf] Text
BAB II_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (368kB)
[thumbnail of BAB III_FARHAN.pdf] Text
BAB III_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[thumbnail of BAB IV_FARHAN.pdf] Text
BAB IV_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB)
[thumbnail of BAB V_FARHAN.pdf] Text
BAB V_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_FARHAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan
menghafal Al-Qur'an siswa di Ma’had Tahfizh Uswah Hasanah Ciledug Kota Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan adanya beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru tahfizh, yaitu 1).
kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur'an dan 2). Adanya rasa malas di kalangan siswa. Di sisi
lain, terdapat faktor pendukung dalam proses peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an, yaitu
1). Pembagian kelompok tahfizh sesuai dengan kemampuan siswa, 2). Peran aktif dari kepala
sekolah, dan 3). Adanya program kajian dari Ma’had. Upaya yang dilakukan oleh guru tahfizh
dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa meliputi: 1). Memberikan motivasi
kepada siswa melalui pujian, penghargaan, dan nasihat untuk mendorong semangat mereka dalam
menghafal, 2). Membimbing siswa untuk melakukan muraja’ah, yaitu pengulangan hafalan agar
hafalan tetap kuat dan 3). Memperhatikan ayat yang akan dihafal untuk memastikan tidak ada
kesalahan saat penyetoran hafalan. Dengan pendekatan ini, diharapkan kemampuan siswa dalam
menghafal Al-Qur'an dapat terus meningkat.
Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Upaya Guru, Kemampuan Siswa,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
FARHAN, FARHAN
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Upaya Guru; Kemampuan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:22
Last Modified: 20 Dec 2024 07:22
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item
View Item