FARHAN, FARHAN (2024) UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MA’HAD TAHFIZH USWAH HASANAH CILEDUG KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (59kB)
LEMBAR PENGESAHAN_FARHAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (47kB)
ABSTRAK_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (111kB)
BAB I_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (273kB)
BAB II_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (368kB)
BAB III_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (217kB)
BAB IV_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (320kB)
BAB V_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (147kB)
DAFTAR PUSTAKA_FARHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (163kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan
menghafal Al-Qur'an siswa di Ma’had Tahfizh Uswah Hasanah Ciledug Kota Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan adanya beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru tahfizh, yaitu 1).
kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur'an dan 2). Adanya rasa malas di kalangan siswa. Di sisi
lain, terdapat faktor pendukung dalam proses peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an, yaitu
1). Pembagian kelompok tahfizh sesuai dengan kemampuan siswa, 2). Peran aktif dari kepala
sekolah, dan 3). Adanya program kajian dari Ma’had. Upaya yang dilakukan oleh guru tahfizh
dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa meliputi: 1). Memberikan motivasi
kepada siswa melalui pujian, penghargaan, dan nasihat untuk mendorong semangat mereka dalam
menghafal, 2). Membimbing siswa untuk melakukan muraja’ah, yaitu pengulangan hafalan agar
hafalan tetap kuat dan 3). Memperhatikan ayat yang akan dihafal untuk memastikan tidak ada
kesalahan saat penyetoran hafalan. Dengan pendekatan ini, diharapkan kemampuan siswa dalam
menghafal Al-Qur'an dapat terus meningkat.
Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Upaya Guru, Kemampuan Siswa,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author FARHAN, FARHAN UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Menghafal Al-Qur’an; Upaya Guru; Kemampuan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:22 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/699 |