HALNA, FITHRIYYAH (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEPEKAAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP DAARUL MUTTAQIEN 2 KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (65kB)
LEMBAR PENGESAHAN_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (138kB)
ABSTRAK_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (111kB)
BAB I_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (253kB)
BAB II_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (367kB)
BAB III_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (204kB)
BAB IV_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (227kB)
BAB V_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (46kB)
DAFTAR PUSTAKA_FITHRIYYAH HALNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (188kB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan
keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang agama Islam sehingga menjadi
pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi,
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dan
menjadi solusi utama dalam menumbuhkan dan meningkatkan kepekaan sosial anak dengan
mengahayati dan mengamalkan nilai nilai dan ajaran agama yang terkandung didalam al-Qur’an
dan al-Sunnah.Kepekaan sosial merupakan suatu sikap juga tindakan dari individu atau
kelompok untuk memperhatikan, menghormati, dan memberikan bantuan kepada orang lain atau
masyarakat yang memerlukan. Kepekaan sosial ini menyangkut rasa empati, perhatian, serta rasa
tanggung jawab pada kesejahteraan dan kebutuhan orang lain. Sebagai makhluk sosial. Tujuan
dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam
menumbuhkan kepekaan sosial di kelas VII SMP Daarul Muttaqien 2. Untuk mengatahui faktor
penghambat dan pendukung dari penumbuhan sikap kepekaan sosial pada siswa kelas VII di
SMP Daarul Muttaqien 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif
adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata atau lisan dari
orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Untuk teknik pengumpulan data mengunakan
metode Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa peran guru Pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap kepekaan sosial siswa
kelas VII di SMP Daarul Muttaqien 2 sudah maksimal walaupun ada beberapa siswa yang masi
harus di bimbing kembali, karena berdasarkan BAB IV dapat ditarik secara kesimpulan
mendidik siswa dengan cara kreatif, mewadahi siswa untuk melakukan pembiasaan baik sebagai
fasilitator, menjadi suri tauladan yang baik dalam perkataan dan perbuatan, memotivasikan siswa
selalu berbuat baik.lingkungan yang positif akan memberi dampak yang positif pula terhadap
siswa dalam menumbuhkan sikap peka dan peduli.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kepekaan Sosial, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HALNA, FITHRIYYAH UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam; Kepekaan Sosial; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:55 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:55 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/700 |