NURMALASARI, GINA AMELIA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII DI MTS AL-HUSNA YPIHN CURUG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
_COVER_GINA AMELIA NURMALASARI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (97kB)
_LEMBAR PENGESAHAN_GINA AMELIA NURMALASARI.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (247kB)
ABSTRAK_GINA AMELIA NURMALASARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (135kB)
BAB I_GINA AMELIA NURMALASARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (164kB)
BAB II_GINA AMELIA NURMALASARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (290kB)
BAB III_GINA AMELIA NURMALASARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (229kB)
BAB IV_GINA AMELIA NURMALASARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (123kB)
_BAB V_GINA AMELIA NURMALASARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (95kB)
DAFTAR PUSTAKA_GINA AMELIA NURMALASARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (159kB)
Abstract
Media puzzle edukatif merupakan permainan menyambung potongan ayat Al-
Qur’an, media ini digunakan dalam proses belajar dengan bentuk gambar tulisan
potongan ayat yang digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan,
tanpa menghilangkan esensi belajar yang sedang berlangsung. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle edukatif tehadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTS Al-
husna YPIHN Curug. Jenis penelitian yang digunaan ialah pendekatan kuantitatif
dengan desain penelitian Quas Experimen atau eksperimen semu dan menggunakan
angket atau kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Desain penelitian yang
digunakan Quasi eksperimen design ini adalah bentuk desain nonequivalent control
group desain. Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTS Al-Husna
YPIHN Curug di kelas VII lebih meningkat dibandingkan sebelum adanya
perlakuan media puzzle edukatif, terlihat dari perolehan data statistik kelas
eksperimen pada saat sebelum diberi perlakuan menjunjukkan nilai rata-rata 68,42,
namun setelah diberikan perlakuan media puzzle data statistiknya mengalami
peningkatan dengan hasil rata-rata 87,81. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan
angket berdasarkan analisis data yang diperoleh dari uji T dengan nilai sig.(2-tailed)
sebesar 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai sig, (2-tailed) < 0,05 maka terdapat
pengaruh. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media
puzzle edukatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadis kelas VII di MTS Al-husna YPIHN Curug.
Kata kunci : Media Puzzle, Motivasi, Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author NURMALASARI, GINA AMELIA UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Media Puzzle; Motivasi; Al-Qur’an Hadis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 08:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 08:13 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/701 |