LUKMAN, LUKMAN (2024) IMPLEMENTASI METODE ASY-SYAFI’I DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 7 SOLEAR KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_LUKMAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (414kB)
LEMBAR PENGESAHAN_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (36kB)
ABSTRAK_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (119kB)
BAB I_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (145kB)
BAB II_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (551kB)
BAB III_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (199kB)
BAB IV_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (398kB)
BAB V_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (127kB)
DAFTAR PUSTAKA_LUKMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (179kB)
Abstract
Kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) merupakan tahap awal yang harus ditempuh
untuk memperdalam memahami agama Islam. Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an
sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik yang muslim di semua jenjang pendidikan,
baik pendidikan formal maupun non formal
Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi program
baca tulis Al-Qur’an (BTQ) metode Asy-Syafi’i dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-
Qur’an di SMP Negeri 7 Solear Kab. Tangerang Propinsi Banten. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui factor-faktor penghambat, bagi guru minimnya waktu, kurangnya alat media
pembelajaran, siswa tidak memiliki modul metode asy-syafi’i, kurangnya kemauan dan kesadaran
belajar, mengikuti pergaulan yang salah, tidak percaya diri dan malas mengulangi bacaannya
(murajaah) dan pendukungnya ialah adanya dukungan dari kepala sekolah, adanya dukungan dan
peran serta guru non BTQ, adanya kigiatan tadarus Al-Qur’an pada hari jum’at. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data
kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program baca tulis Al-Qur’an (BTQ)
pada siswa kelas 7 E di SMP Negeri 7 Solear Kab. Tangerang dilakukan dalam bentuk
pembelajaran dasar-dasar iqra, latihan menulis pelafalan huruf hiyaiyyah yang belum berharakat
secara fasih, latihan pelafalan huruf yang sudah dikasih harakat fathah, kasrah, dan dhammah
latihan penulisan menyambung huruf hijaiyah, latihan baca tulis tanwin, latihan baca tulis
tasydid,latihan baca tulis mad, latihan baca tulis bacaan wakaf, latihan baca tulis alif lam
qamariyah dan syamsiyah, latihan baca tulis lafadzh Allah, mad dan tasdid, latihan baca tulis
huruf-huruf yang tidak berharakat diawal surah (huruf muqatha’ah), latihan baca tulis surah-sirah
pendek juz amma dimulai dari surah Az- Zalzalah sampai An-Nas di depan guru. Hasil
pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode asy-syafi’i dan sangat membantu yang ingin
memperbaiki dan memperbagus bacaan Al-Qur’an karena dalam penerapan metode ini dimulai
dari dasar kelas iqra, lanjut kelas tajwid, dan kelas program pendalaman lanjutan ayat-ayat
Gharibah. Dengan meggunakan rasam/penulisan (cetak), tanda waqas, tanda baca pada metode ini
dengan menggunakan standar international cetakan timur tengah (khususnya Madinah) dengan
qira’at imam ashim riwayat hafsh dari jalur syatibiyyah dan dari jalur thaibatunnasyr.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author LUKMAN, LUKMAN UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Metode Asy-Syafi’i; Baca Tulis Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 08:03 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 08:03 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/723 |