Silvia, Mia (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DENGAN PANDUAN KRITERIA WATSON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (106kB)
![[thumbnail of 2. PERSETUJUAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2. PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (253kB)
![[thumbnail of 3. PENGESAHAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (324kB)
![[thumbnail of 4. KEASLIAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
4. KEASLIAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (363kB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (133kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (75kB)
![[thumbnail of 8. BAB 1.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (137kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB 2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
9. BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (256kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB 3.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
10. BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (213kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB 4.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
11. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (653kB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB 5.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
12. BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (113kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
13. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (182kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam
menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan
panduan kriteria Watson. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di salah satu SMP Muhammadiyah 5
Kota Tangerang. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang terdiri dari soal-soal
lingkaran serta wawancara mendalam dengan beberapa siswa terpilih. Analisis
dilakukan berdasarkan kriteria Watson yang mengkategorikan kesalahan ke dalam
beberapa jenis, seperti kesalahan konsep, kesalahan prosedural, dan kesalahan
komputasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling dominan
adalah kesalahan Konflik Level Respon (57%), diikuti oleh kesalahan Prosedur
Tidak Tepat (68,7%), dan kesalahan Data Tidak Tepat (84,4%). Faktor-faktor
penyebab kesalahan diidentifikasi, termasuk kurangnya pemahaman konsep dasar
lingkaran, kesalahan dalam menerapkan rumus, dan ketidakcermatan dalam
perhitungan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap
konsep lingkaran perlu ditingkatkan melalui pembelajaran yang lebih interaktif dan
penggunaan media visual. Selain itu, latihan soal yang lebih bervariasi dan
pemberian umpan balik yang konstruktif dapat membantu mengurangi kesalahan
Prosedur Tidak Tepat dan Data Tidak Tepat. Solusi bagi guru adalah untuk fokus
pada penguatan konsep dasar dan memberikan bimbingan yang lebih intensif
kepada siswa yang mengalami kesulitan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Firmansyah, M. Arie 0420018901 UNSPECIFIED Thesis advisor Andini Purbaningrum, Kus 0227048502 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, Soal matematika, Lingkaran, Kriteria Watson |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 10:55 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:06 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/920 |