PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Pratiwi, Nadia (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (127kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (61kB) | Request a copy
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (138kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat belajar
matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif Kahoot!
dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif Kahoot! atau
secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi
eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMPN 27 Kota
Tangerang. Sementara, sampel penelitiannya adalah dua kelas dengan total 60
siswa, yaitu dari kelas 7.9 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas 7.7 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen angket minat belajar matematika yang terdiri dari 25
pernyataan yang valid dan reliabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan Mann Whitney U Test, dari hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai
Exact Sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,005, dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan rata-rata minat belajar matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas
kontrol. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua, dari uji Mann Whitney U Test
diperoleh nilai Exact Sig (1-tailed) yaitu 0,000 < 0,005, dapat disimpulkan bahwa
minat belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas
kontrol. Terakhir pengujian hipotesis ketiga, dari uji Mann Whitney U Test
diperoleh nilai Exact Sig (1-tailed) yaitu 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan
bahwa peningkatan minat belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik
dibanding kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan media
pembelajaran interaktif Kahoot! dapat meningkatkan minat belajar matematika
siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Haswati, Desty
1250935
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Baist, Abdul
1263837
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Matematika, Media Pembelajaran, Kahoot!, Interaktif, Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 24 Jan 2025 08:27
Last Modified: 24 Jan 2025 08:27
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item