IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA MTS KELAS VIII DAARUL FALAH

AMALIA, NUNU (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA MTS KELAS VIII DAARUL FALAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.

[thumbnail of COVER_NUNU AMALIA.pdf] Text
COVER_NUNU AMALIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (83kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_NUNU AMALIA.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_NUNU AMALIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)
[thumbnail of ABSTRAK_NUNU AMALIA.pdf] Text
ABSTRAK_NUNU AMALIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (132kB)
[thumbnail of BAB I_NUNU AMALIA.docx.pdf] Text
BAB I_NUNU AMALIA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (284kB)
[thumbnail of BAB II_NUNU AMALIA.docx.pdf] Text
BAB II_NUNU AMALIA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III_NUNU AMALIA.docx.pdf] Text
BAB III_NUNU AMALIA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB)
[thumbnail of BAB IV_NUNU AMALIA.docx.pdf] Text
BAB IV_NUNU AMALIA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (820kB)
[thumbnail of BAB V_NUNU AMALIA.docx.pdf] Text
BAB V_NUNU AMALIA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_NUNU AMALIA.docx.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_NUNU AMALIA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)

Abstract

Pendidikan sangat mempengaruhi kehidupan semua orang, kita dituntut untuk mampu menerapkan pendidikan secara tepat, bertanggungjawab atas tindakan yang diambil seperti membimbing dan mendidik. Perubahan kurikulum tentu saja membawa perubahan pada bagian pembelajaran yang lain pula. Komponen pendidikan yang terkena dampak langsung adalah pembelajaran itu sendiri. Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan aspek kognitif pada mata pelajaran Fikih siswa MTs kelas VIII Daarul Falah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui pretest dan posttest untuk mengukur perubahan pengetahuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Two Stay Two Stray memiliki tiga tahapan, yaitu: Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Arahan. yaitu model Two Stay Two Stray sangat cocok digunakan dalam media pembelajaran. Hal ini dibuktikan bahwa metode ini memudahkan siswa dalam mencari tahu informasi mengenai materi yang diajarkan. Adapun kekurangan dari model TSTS ini, antara lain: (1) Membutuhkan waktu yang lama; (2) Peserta didik yang tidak terbiasa belajar kelompok merasa sulit untuk bekerjasama; (3) Bagi Guru, membutuhkan banyak persiapan (materi, dana dan tenaga); dan (4) Guru cenderung kesulitan dalam pengelolaan kelas.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Aspek Kognitif,
Mata Pelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
AMALIA, NUNU
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan mengubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray; Aspek Kognitif; Mata Pelajaran Fikih
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 08 Feb 2025 03:39
Last Modified: 08 Feb 2025 03:39
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item
View Item