‘AFINA, SALMA FAJRIATUL (2024) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI BULLYING DI SMP IT ALMAKA JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
COVER_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (106kB)
LEMBAR PENGESAHAN_SALMA FAJRIATUL .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (399kB)
ABSTRAK_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (133kB)
BAB I_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (455kB)
BAB II_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
BAB III_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (539kB)
BAB IV_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
BAB V_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (112kB)
DAFTAR PUSTAKA_SALMA FAJRIATUL ‘AFINA.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (257kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan meraih jawaban mengenai: 1) Untuk mengetahui apa saja bentuk bullying (perundungan, kekerasan dan intoleransi) yang terjadi di SMP IT ALMAKA, 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi bullying (perundungan, kekerasan dan intoleransi) antar-siswa di SMP IT ALMAKA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perundungan yang terjadi di SMP IT ALMAKA berbentuk verbal, seperti mengatai nama orang tua dan mengejek. Kekerasan yang berada di SMP IT ALMAKA tampaknya telah menutun secara signifikan di tahun ini, berkat upaya pencegahan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Sedangkan intoleransi di SMP IT ALMAKA masih muncul dalam bentuk segregasi sosial, dimana peserta didik dengan latar belakang yang berbeda tidak diterima dalam kelompok sosial tertentu, 2) upaya guru PAI yang dilakukan seperti menerapkan sholat dhuha, sosialisasi bersama psikolog dan tim kepolisian, program ekstrakulikuler, menyediakan langganan konseling, dan kajian kitab adab. Kesimpulan Bentuk perundungan yang terjadi di SMPIT ALMAKA yaitu 1. Bentuk perundungan secara verbal, seperti: mengatai nama orang tua dan mengejek. Bentuk kekerasan di SMPIT ALMAKA tampaknya telah menurun secara signifikan di tahun ini, berkat upaya percegahan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Bentuk intoleransi yang muncul di SMPIT ALMAKA yaitu bentuk segresi sosial, dimana peserta didik yang memiliki latar belakang ekonomi yang berbeda, ia tidak diterima dalam kelompok sosial tertentu. 2. Upaya guru PAI dalam mengatasi perundungan, kekerasan dan intoleransi antar-siswa di SMP IT ALMAKA yaitu dengan mengadakan rutinitas sholat dhuha dan nasihat harian, sosialisasi saat MPLS, serta bekerja sama dengan psikolog dan tim kepolisian. Sekolah juga mengadakan kajian kitab ada mingguan, menyediakan layanan konseling
Kata Kunci: Bullying, Perundungan, Kekerasan dan Intoleransi
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author ‘AFINA, SALMA FAJRIATUL UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
| Uncontrolled Keywords: | Bullying; Perundungan; Kekerasan dan Intoleransi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | ADMIN FAI |
| Date Deposited: | 19 Feb 2025 10:02 |
| Last Modified: | 19 Feb 2025 10:02 |
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/994 |

