ATHIRA, SARADHYA JASMINE (2024) PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 28 TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah TANGERANG.
![[thumbnail of COVER_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (347kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_SARADHYA JASMINE ATHIRA.rtf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN_SARADHYA JASMINE ATHIRA.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
![[thumbnail of ABSTRAK_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (93kB)
![[thumbnail of BAB I_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (435kB)
![[thumbnail of BAB II_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/slideshow.png)
BAB II_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB IV_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf
Download (901kB)
![[thumbnail of BAB V_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (153kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA_SARADHYA JASMINE ATHIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (240kB)
Abstract
Metode Card Sort merupakan salah satu metode berbasis active learning yang menggunakan kartu untuk mencari pasangan dengan kategori yang sama, yang kemudian didiskusikan dan dipresentasikan hasilnya. Dengan metode ini, guru diharapkan dapat menciptakan proses belajar yang edukatif dan interaktif sehingga siswa dapat benar-benar memahami dan mengingat pelajaran yang telah diberikan, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaraan dengan menggunakan metode konvensional dan pembelajaran dengan menggunakan metode card sort terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 28 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Non-Equivalen Control Group Design dengan jenis penelitian Quasi-Eksperiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas VIII A sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode card sort terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 28 Tangerang. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen yaitu 73,33, sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 60,10. Dengan selisih yang signifikan yaitu 13. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai independent sampel test pada kolom equal variance assumed dengan nilai thitung = 3,839 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Untuk mengetahui nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan nilai df = 68 dengan taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,668. Sehingga, nilai thitung > ttabel (3,839 > 1,668) H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis menyatakan “Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 28 Tangerang”.
Kata Kunci: Metode Card Sort, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author ATHIRA, SARADHYA JASMINE UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Metode Card Sort; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:50 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:50 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/995 |