ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN AQUA #100% INDONESIA DALAM MENGHADAPI ISU BOIKOT PRODUK PRO ISRAEL

Nuke Eka Damayanti, Nuke (2024) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN AQUA #100% INDONESIA DALAM MENGHADAPI ISU BOIKOT PRODUK PRO ISRAEL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of bagian depan nuke.pdf] Text
bagian depan nuke.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of bagian isi (1).pdf] Text
bagian isi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bagian akhir (1).pdf] Text
bagian akhir (1).pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan AQUA #100% Indonesia Dalam Menghadapi Isu Boikot Produk Pro Israel “. Yoututube merupakan salah satu media beriklan. Secara dasarnya, penyajian iklan adalah proses komunikasi yang memanfaatkan elemen kreatif untuk mengirim
pesan-pesan kepada khalayak. Salah satu iklan yang menggunakan Youtube sebagai tempat periklanan adalah iklan AQUA 100% Indonesia versi Yanti, iklan ini menceritakan tentang salah satu karyawan AQUA yang sudah bekerja selama 27 tahun di pabrik yang didirikan oleh Tirto
Utomo. Yanti menjelaskan bagaimana AQUA memproduksi produknya dengan menjaga kualitas produk karna AQUA selalu menjaga sumber airnya dengan melakukan pelestarian alam di sekitar sumber mata air yang digunakan. Yanti juga menjelaskan bahwa AQUA berdedikasi 100% untuk
Indonesia terlihat bahwa bendera merah putih berkibar tepat di pintu masuk pabrik AQUA ketika Yanti sedang memperkenalkan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bagaimana Analisis Semiotika Iklan AQUA #100% Indonesia Dalam Menghadapi Isu Boikot
Produk Pro Israel menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian menetapkan iklan AQUA 100# Indonesia versi Yanti dengan 9 gambar sebagai unit analisisnya. Hasil penelitian bahwa iklan AQUA 100% Indonesia menggunakan elemen-elemen semiotika untuk menyampaikan pesan tentang kemurnian, kualitas, dan identitas lokal. Dalam konteks isu boikot produk pro-Israel, iklan ini mengajak konsumen untuk mendukung produk lokal yang tidak hanya
berkualitas tinggi tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan Indonesia. Melalui simbol�simbol nasionalisme dan keberlanjutan. Iklan ini mendorong konsumen untuk memilih produk yang selaras dan nilai-nilai lokal dan kebanggan nasional.

Kata Kunci : Charles Sander Peirce, AQUA 100% Indonesia versi Yanti,Iklan Youtube, Analisis Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Ade Siti Khaeriah, Ade
NIDN8911220021
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tanti Kurnia perpusfisip
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:51
Last Modified: 20 Feb 2025 04:51
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item
View Item