Putri Cahyani, Septia (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN GANDASARI 1 KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (178kB)
![[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (114kB)
![[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (142kB)
![[thumbnail of 4. KEASLIAN TULISAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
4. KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (120kB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (128kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (285kB)
![[thumbnail of 8. BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (248kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (264kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (616kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (525kB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (16kB)
![[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa
kelas V, Kendala-kendala pada proses pembelajaran ipa di kelas V SDN Gandasari 1
Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 24 orang yaitu guru kelas V, dan
23 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data berupa, observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis
data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa
dikelas V pada tes pertama rata-rata siswa masih dibawah KKTP, hal ini menandakan
bahwa perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa agar
dapat mencapai KKTP yang ditetapkan. Upaya mengembangkan kemampuan berpikir
kritis siswa pada proses pembelajaran IPA kelas V berhasil dengan baik. Strategi
pembelaran yang diterapkan setelah tes pertama terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa, terbukti dari peningkatan hasil tes kedua dimana
seluruh siswa telah mencapai KKTP. Upaya ini menunjukkan pentingnya
pembelajaran yang bervariasi dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan
dan kemampuan berpikir siswa. Kendala-kendala yang ditemukan, yaitu kurangnya
partisipasi aktif dapat mempengaruhi dinamika kelas, mengurangi interaksi antara
siswa dan guru, serta menghambat terciptanya lingkungan belajar yang inovati.
Sebagai akibatnya, siswa mungkin tidak mencapai KKTP yang telah ditetapkan, Oleh
karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif untuk mendorong siswa
agar lebih aktif dan terlibat dalam proses berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Arwen, Desri 0410117201 UNSPECIFIED Thesis advisor Sunardin, Sunardin 0431126909 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPA, Kemampuan Berpikir Kritis, Penelitian Kualitatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:37 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1105 |