ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Juliasih, Juliasih (2024) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (149kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[thumbnail of PERNYATAN KEASLIAN TULISAN.pdf] Text
PERNYATAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (444kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru
kelas IV SDN Kampung Bambu I dalam mengadakan variasi pembelajaran
Matematika di kelas dan untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi
oleh guru saat mengadakan variasi pembelajaran Matematika. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan
guru kelas IV SDN Kampung Bambu I dalam mengadakan variasi pembelajaran
secara keseluruhan sudah baik. Baik dari segi gaya mengajar, penggunaan media
pembelajaran, dan variasi pola interaksi sudah menerapkannya sesuai indikator�indikatornya. Namun, pada penggunaan media pembelajaran, guru kurang
melakukannya secara bervariasi. Guru hanya memanfaatkan media visual seperti
benda-benda konkret atau nyata yang ada di lingkungan sekitar sebagai media
pembelajaran. Sehingga guru tidak menggunakan media audio maupun audio�visual yang berbasis teknologi seperti infokus dan komputer karena terkendala oleh
beberapa faktor. Namun secara keseluruhan keterampilan guru kelas IV SDN
Kampung Bambu I dalam mengadakan variasi pembelajaran sudah cukup baik dan
siswa terlihat antusias dan semangat dalam belajar. Kendala-kendala yang dihadapi
guru dalam menerapkan variasi pembelajaran yaitu diantaranya: 1) teknologi
sebagai tantangan yang cukup sulit bagi guru dan 2) kesulitan guru dalam menjaga
motivasi belajar siswa. Sehingga kendala-kendala tersebut mungkin dapat diatasi
dengan cara: 1) guru sebisa mungkin membangun komunitas pembelajaran dengan
guru lain untuk berbagi pengalaman dan strategi dalam menggunakan teknologi.
Diskusi kelompok dan kolaborasi antar guru dapat membantu guru senior belajar
dari rekan-rekan guru dan mendapatkan solusi praktis untuk masalah yang mereka
hadapi. Atau guru dapat mencoba mengikuti pelatihan mengenai pengembangan
keterampilan teknologi. 2) guru perlu senantiasa berusaha untuk meningkatkan lagi
keterampilannya dalam mengadakan variasi pembelajaran untuk mengatasi
kebosanan dan kejenuhan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Arwen, Desri
0410117201
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Perdiansyah, Ferry
0428018901
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Guru, Keterampilan Dasar Mengajar, Microteaching, Sekolah Dasar, Variasi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 24 Apr 2025 10:51
Last Modified: 24 Apr 2025 10:51
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item
View Item